Seni Desain Interior Art Deco


Art Deco merupakan desain arsitektur rumah yang memberi kebebasan untuk berkreasi dan murni bersifat seni dekoratif. Gaya Art Deco tercipta setelah perang dunia 1 yakni tahun 1925 di sebuah konferensi l’Exposition Internationale des Arts Decoratifs Industriels et Modernes yang diadakan di Paris, Perancis. Kehadiran gaya desain ini dianggap fungsional, modern dan sangat anggun pada waktu itu.

 

desain interior art deco
image: dwellcandy.com

Perkembangan arsitektur art deco berpengaruh juga terhadap desain interior ruangan yang pada dasarnya adalah murni dekoratif, maka desain art deco mampu diterapkan pada aliran modern seperti Konstruktivisme, Kubisme dan Futurisme. Bahkan mampu dipadukan dengan aliran kuno seperti gaya Persia, Siria atau Mesir. Desain interior art deco lebih banyak memberi warna pada dekorasi atap, dinding, lantai dan furniture dengan membentuk ornamen dan simbol yang akan memberi aksen berbeda.

Kebebasan berseni bagi perancang interior rumah sangat ekspresif dimana kebebasan dalam merancang desain interior rumah dapat diekspresikan sebebas mungkin bahkan dapat bertabrakan antara ruang satu dengan ruang yang lain. Bagi orang awam seperti terlihat membingungkan namun disinilah kekuatan art deco.

Ada beberapa pertimbangan jika ingin menerapkan gaya desain art deco, setidaknya mengenal beberapa ciri khas art deco untuk desain rumah modern, berikut ini:

Seni Desain Tinggi

Kesan abstrak sangat jelas terlihat pada gaya art deco, untuk itu jiwa seni dan imajinasi yang tinggi dituntut  untuk memadukan bentuk, ornament dan tekstur yang kontras menjadi tampak serasi.

Variasi Warna

Pemilihan warna tidak ada batasan dalam desain interior art deco. Perpaduan warna-warna akan semakin berkesan abstrak pada rumah dengan gaya art deco.

Material Beragam  

Keragaman material logam, kayu dan kaca pada interior akan dapat memperjelas aksen gaya art deco. Juga perpaduan beton penyangga dengan kayu pada struktur rumah yang serasi dalam bangunan.

Furniture Klasik

Art deco yang termasuk salah satu gaya klasik akan semakin kental di rumah dengan memberi furniture dan aksesoris rumah bergaya klasik. Apalagi saat ini banyak wallpaper, karpet, lampu hias bermotif art deco yang dapat dipilih..

Tertarik untuk menerapkan desain interior art deco di rumah Anda dengan seni dan gaya sedikit klasik?

 

Seni Desain Interior Art Deco – Lentera Rumah

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *