Pemilihan Peralatan Dapur Modern


Pemilihan peralatan dapur modern bukan hanya untuk mempercepat dan memudahkan memasak, namun juga dapat menciptakan suasana dapur yang indah, modern dan bersih. Berkat kemajuan teknologi, tersedia juga untuk peralatan dapur modern yang bisa menjadi pilihan.

Namun ada beberapa rekomendasi dan tips tentang apa yang harus dicermati ketika memilih peralatan dapur modern setelah memiliki Ide Desain Dapur Sederhana dan Inovatif.

Peralatan Dapur Modern

1. Gas Hob (Kompor Gas)

Saat ini kompor gas sudah digunakan oleh sebagian besar masyarakat sebagai alat memasak. Kompor gas (gas hob) memberikan sumber panas yang cukup, instan dan terlihat saat memasak.

Bahkan, beberapa generasi baru dari kompor gas modern  telah terintegrasi mengunakan panel kontrol sentuh yang memfasilitasi kegiatan memasak Anda serta membuat dapur Anda terlihat lebih indah dan modern.

 Gas Hob (Kompor Gas)

Tips memilih kompor gas:

  • Carilah kompor gas berkualitas dengan daya yang cukup dan dilengkapi dengan dimensi yang cocok untuk wajan dengan berbagai ukuran.
  • Yang terpenting, kompor gas Anda dilengkapi dengan mekanisme keamanan yang akan mematikan pasokan gas setelah api padam.
  • Pastikan ada layanan instalasi, karena segala sesuatu tentang gas harus diserahkan kepada ahlinya.

2. Induction Hob (Kompor Listrik Induksi)

Anda juga dapat mempertimbangkan menggunakan perkembangan teknologi terbaru dalam kompor listrik, yang didasarkan pada teknologi induksi. Tidak seperti kompor listrik biasa, kompor induksi (Induction Hob) menyediakan panas instan. Cooktops induksi dapat memanaskan panci air jauh lebih cepat daripada gas dan lebih efisien hingga 70%.

Induction Hob (Kompor Listrik Induksi)

Keselamatan merupakan pertimbangan penting dari menggunakan Induction Hob, karena hanya memanaskan peralatan masak dan aman untuk menyentuh seluruh wilayah kompor saat memasak. Ketika Anda mengambil panci dari kompor, unit secara otomatis akan mati. Fitur keamanan ini sangat bagus terutama ketika Anda memasak bersama-sama dengan anak-anak.

3. Cooker Hood

Ketika Anda menginginkan lingkungan memasak yang sehat, cooker hood adalah sebuah alat penting yang harus anda gunakan. Cooker hood menghisap bau saat memasak baik secara langsung melalui sistem ducting ke luar, atau melalui filter arang dan mendaur ulang udara di dapur anda. Jangan lupa Pemakaian Homogenous Tile Untuk Kenyamanan Dapur.

Cooker Hood

Kenyamanan saat memasak terkait dengan sirkulasi udara di dapur anda. Salah satu manfaat lainnya adalah tambahan cahaya, karena cooker hood yang baik memiliki lampu tanam. Cooker hood berkualitas tidak bising saat menghisap.

4. Microwave Oven

Kegunaan oven microwave selain sebagai pemanas untuk makanan, dapat juga digunakan secara efisien untuk sejumlah proses memasak lainnya, seperti memanggang kue, merebus dan mengukus. Sayuran direbus dalam microwave lebih sehat daripada direbus dalam panci di kompor gas, karena perangkat ini begitu baik dalam mempertahankan kandungan vitamin dan mineral.

Microwave Oven

Keuntungan lainnya lebih hemat waktu dibandingkan dengan metode memasak konvensional. Dan lebih aman, karena tidak menggunakan api saat memasak dengan microwave, dan sangat mudah dibersihkan. Secara keseluruhan, merupakan alat masak yang diperlukan untuk memasak singkat.

5. Oven

Fungsi peralatan dapur modern oven ini untuk mengelola suhu dan distribusi pemanasan sehingga perlu memahami kerja oven, terutama jika ingin memasak makanan panas-sensitif. Oven menangani proses memasak sedikit berbeda tergantung pada jenis oven yang digunakan.

Ada beberapa jenis oven, yaitu oven listrik, oven gas, atau oven uap, yang semuanya datang dengan keunggulan khusus, fitur dan tantangan.

 peralatan dapur modern oven

Tips memilih oven:

  • Oven gas cenderung panas dan pendinginan sangat cepat, tetapi juga terkenal karena memiliki hotspot dan mendistribusikan panas agak tidak merata, jadi penting bahwa Anda memutar nampan Anda sekali atau dua kali selama memasak.
  • Oven listrik dapat menghasilkan suhu yang sangat panas dan menawarkan kontrol suhu lebih tepat daripada oven gas. Selanjutnya Anda dapat melakukan lebih baik kering memasak dibandingkan dengan oven gas, yang sangat membantu ketika Anda melakukan banyak kue, membuat kue dan roti. Juga, oven listrik modern sekarang kadang-kadang datang dengan fitur pembersih mereka sendiri.
  • Oven uap secara luas dianggap sebagai bentuk memasak sehat. Uap memasak lebih cepat daripada memasak konvensional, karena uap mengembalikan kelembaban yang hilang dalam makanan kering. Manfaat lain dari oven uap adalah fleksibilitas: Anda bisa memasak berbagai macam barang, dari kue, memanggang, memanggang, mengukus, dan pencairan.

Sumber gambar dan artikel: TIPS MEMILIH PERALATAN DAPUR MODERN

 

Pemilihan Peralatan Dapur Modern

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *