Menata Ruang Dapur Sempit Agar Lega


Tidak semua rumah memiliki dapur dengan ukuran ideal karena keterbatasan lahan, padahal keberadaan dapur sangat vital bagi hunian. Pada ruangan ini, kebutuhan penting bagi hidup manusia dilakukan yaitu menyiapkan dan mengolah masakan. Keterbatasan ruang dapur yang sempit akan sedikit mengganggu aktivitas masak memasak, oleh karena itu menata ruang dapur sempit agar terkesan luas perlu dipertimbangkan dengan benar.

menata ruang dapur sempit

Keterbatasan lahan sering kali menjadi penyebab utama menjadikan dapur sempit, akan tetapi hal tersebut bukan menjadi alasan kegiatan penyajian masakan menjadi tidak menyenangkan. Meskipun memiliki ukuran kecil, dapur dapat menjadi sebuah ruangan yang menyenangkan. Yang terpenting adalah menata ruang se praktis mungkin agar saat berada di ruang dapur memiliki ruang gerak yang cukup.

Dapur Sempit Terkesan Lega

Penataan interior yang tepat merupakan solusi jika rumah memiliki ruang dapur sempit. Yang terpenting adalah perlengkapan memasak seperti kompor gas, tempat cuci dan peralatan memasak utama lainnya harus berada dalam ruangan tersebut dan ruang gerak untuk memasak ada, sudah cukup.

Berikut beberapa tips dari Lentera Rumah yang dapat menjadi referensi bila ingin menjadikan dapur sempit Anda menjadi terkesan lega yang dapat dikerjakan sendiri dengan mudah.

  1. Untuk menjaga efisiensi ruangan dapur sempit, pilih peralatan memasak yang paling sering digunakan. Letakkan peralatan yang paling penting tersebut di tempat yang mudah terjangkau.
  2. Penempatan peralatan dan bahan-bahan kebutuhan memasak yang paling praktis adalah menggunakan kitchen set pesanan yang menyesuaikan dengan kondisi ruang dapur. Dapur sempit memanjang  atau dapur sempit sekali akan sulit mencari kitchen set yang cocok di pasaran. Yang terpenting fungsional serta hemat tempat.
  3. Jangan menyepelekan sinar matahari langsung. Dapur sempit dan gelap akan lebih menyebabkan lembab dan memungkinkan kuman penyakit dapat berkembang. Sedapat mungkin, pencahayaan dari sinar matahari dapat masuk baik itu melalui atap atau jendela karena selain dapat menghemat penggunaan listrik di siang hari, juga menghindari penyakit yang mungkin berasal dari dapur.
  4. Meskipun ruang dapur sempit, sirkulasi udara harus berjalan dengan baik. Dengan udara segar dari luar banyak yang masuk ke dapur akan membuat suasana memasak akan sejuk dan segar, seakan di ruang terbuka. Selain itu penggantian udara baru tidak akan menyebabkan ruang menjadi pengap akibat asap masakan.
  5. Interior ruang dapur sempit sebaiknya dipilih cat furniture dan dinding dengan warna terang. Warna terang akan membuat ruang sempit terkesan lega. Baca: Menghilangkan Bau Cat Baru Di Ruangan. Untuk membuat suasana dapur menjadi lebih menyenangkan, membuat warna warni di dapur dapat juga diterapkan untuk menyiasati ruang agar terkesan luas dan estetik. Misalkan warna lemari dapur putih, tembok di belakang lemari diberi warna cat hijau muda.

Rumah dengan dapur sempit karena keterbatasan lahan bukan menjadi halangan untuk mengurangi aktivitas di dapur untuk menyiapkan hidangan makanan yang lezat bagi keluarga. Tinggal mengatur bagaimana penataan ruangan menjadi efisien dan praktis. Dapur ukuran luas pun jika tidak ditata dengan benar akan terkesan sempit. Semoga bermanfaat.

 

Menata Ruang Dapur Sempit Agar Lega

 

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *