Arsitektur Platonic Solid Yang Unik


Arsitektur secara umum merupakan proses penggabungan komponen ideal yang disusun dan dikonfigurasi ulang untuk menghasilkan sebuah bangunan. Demikian juga dengan arsitektur platonic solid yang berupa komponen dasar geometris seperti silinder, kubus, prisma sebagai bentuk yang sempurna. Hal ini dikarenakan adanya suatu kepastian perhitungan dalam tiap bentuk komponennya yang saling menguatkan.

 

Arsitektur Platonic solid

 

Bentuk dari platonic solid merupakan dasar dalam eksplorasi bentuk, contohnya adalah piramida bentuknya dipilih dari limas segitiga. Sebenarnya prinsip dari platonic solid adalah penggabungan satu bagian dengan bagian yang lain yang memiliki kesamaan bentuk, baik itu berupa bidang maupun rangka. Semakin banyak dan besar bidang yang disusun dan semakin mendekati bentuk bola, maka semakin banyak bidang-bidang yang disatukan. Sedangkan jika semakin sedikit bidang yang disatukan, maka semakin terlihat jelas sudut-sudut lancip yang terbentuk pada platonic solid.

Baca juga: Arsitektur Art Deco Kebebasan Berekspresi

Arsitektur Platonic solid dalam satu bentuk modul tidak selalu menghasilkan kesatuan bentuk yang sama seperti pada modul-modul awalnya. Kadang kala ia akan membentuk bentuk yang lain. Modular arsitektur berbentuk kotak, dapat dibangun dari tiap-tiap modul awal yang terdiri atas susunan bidang segitiga. Pada bangunan piramida, bentuk limas segitiga yang merupakan salah satu macam dari platonic solid yang merupakan bukti bahwa secara disadari atau tidak, bentuk-bentuk ini sudah lekat pada manusia.

Namun, platonic solid hanyalah suatu fenomena pencarian bentuk dari produk desain kreatif yang kadang kala menjadi acuan dalam penilaian yang subjektif. Platonic solid suatu bentuk bisa dianggap memilik penilaian estetika tinggi. Sehingga penilaian estetika yang baik tidak hanya karena berbentuk platonic solid, tetapi juga karena adanya cara atau tahapan pencapaian bentuk serta hubungan yang ingin disampaikan. Secara lebih luas, dapat dikatakan bahwa kehadiran geometri sebenarnya mengacu pada metode yang diharapkan untuk menjelaskan ide dan sebagai suatu penyelesaian dari sebuah desain.

 

Arsitektur Platonic Solid – Lentera Rumah

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *