Membuat Garasi Lebih Aman dan Nyaman


Garasi merupakan ruangan penting rumah bagi yang memiliki kendaraan. Terkadang orang menggunakan garasi sebagai kebutuhan penyimpanan barang atau perlengkapan lainnya juga. Untuk itu, ada beberapa tips membuat garasi lebih aman dan nyaman serta untuk keselamatan kita ketika menggunakan atau berada dalam garasi tersebut. Lebih-lebih jika garasi dengan fitur otomatis.

 

garasi aman dan nyaman

 

Berikut adalah beberapa tips keamanan dan kenyamanan garasi yang paling penting:

1. Penataan Garasi

Pastikan garasi tertata dengan baik. Penataan yang sembarangan tanpa diorganisasi dengan baik dapat menyebabkan bahaya seperti tersandung atau barang di garasi jatuh menimpa orang yang ada dalam garasi tersebut. Setelah garasi ditata dengan cara yang terorganisasi, bukan hanya menjadi aman namun juga terlihat semakin luas yang akan membuat nyaman berada dalam ruangan tersebut. Ada perabotan khusus untuk garasi seperti rak atau lemari yang memberikan solusi membantu meringankan penyimpanan peralatan atau barang yang ada pada garasi Anda.

2. Hindari Menyimpan Barang Yang Mudah Terbakar

Ini tidak mengherankan bahwa banyak kebakaran rumah dimulai dari garasi. Minyak yang mudah terbakar sering disimpan di garasi yang dapat menyebabkan api menyebar dengan cepat di luar kendali. Selain itu, sisa-sisa minyak, gemuk, kertas dan lain sebagainya yang tercecer dilantai segera bersihkan dan simpan dengan rapi sisa minyak, oli setelah menggunakannya.

3. Jauhkan Pembuka Pintu Garasi dari Jangkauan Anak

Pastikan anak-anak tidak memiliki akses ke pembuka pintu garasi jika menggunakan pintu otomatis. Seorang anak akan ketagihan melihat pintu garasi membuka dan menutup sendiri dan ingin terus menekan tombol pintu tersebut. Tapi resiko kecelakaan dapat lebih besar jika ada benda atau orang lain berada di sekitar pintu, dan juga dapat menyebabkan kerusakan parah pada pintu.

4. Lakukan Cek Rutin di Bagian Pintu Garasi 

Lakukan secara rutin pemeriksaan komponen dan bagian pintu garasi setiap bulan. Periksa bagian yang bergerak seperti rol, kabel dan katrol untuk mengetahui tanda-tanda keausan. Jangan mencoba untuk memindahkan atau memperbaiki bagian-bagian ini karena dapat menyebabkan kerusakan lebih parah atau jaminan garansi pintu akan hangus. Sebaiknya, memanggil tenaga profesional jika mengetahui bahwa bagian dari pintu garasi sudah mulai tidak berfungsi.

5. Jangan Biarkan Remote Pintu Garasi di Mobil

Sebuah tren baru pencurian rumah adalah mencuri remote control pintu garasi yang berada di dalam mobil dan menggunakannya untuk masuk garasi dan kemudian ke dalam rumah Anda. Solusi sederhana? Jangan biarkan remote control pintu garasi berada di mobil! Coba menggunakan remote keychain dan selalu membawa masuk ke rumah.

Garasi Lebih Aman dan Nyaman – Lentera Rumah

Related Post

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *