Tips Memasang Dan Memelihara Karpet di Rumah


Karpet bukan hanya sebagai penutup lantai, namun bisa berfungsi sebagai alas furniture yang ada dalam ruangan agar tidak merusak permukaan lantai. Ada juga fungsi yang tidak kalah penting yaitu karpet bisa menambah esensi untuk menambah ruangan semakin menawan.

Tips Memasang Dan Memelihara Karpet di Rumah

Tips Memasang Karpet

Ada beberapa tips yang dapat Anda simak dalam memasang dan merawat karpet agar ruangan terlihat semakin menawan.

Jika berencana membeli karpet, pastikan ukuran karpet telah sesuai dengan luas ruangan serta ukuran furniture yang ada agar mendapatkan ukuran yang proporsional.

Kalau memungkinkan, minta kepada toko penjual karpet membersihkan atau menghisap debu terlebih dahulu sebelum dikirim ke rumah.

Pilih karpet dengan motif atau corak yang sesuai dengan kondisi ruangan. Sebaiknya jangan memilih motif padat atau corak besar jika akan ditempatkan di ruangan kecil, hal itu akan menyebabkan kesan ruangan semakin sempit.

Perhatikan saat memasang atau meletakkan karpet pada ruangan.

Sebaiknya jendela dan pintu terbuka lebar agar sirkulasi udara lancar, sehubungan dengan karpet baru biasanya berdebu atau memiliki bau yang cukup tajam. Terutama jika untuk melapisi seluruh ruangan dan sebaiknya lagi tidak menempati dulu selama minimal 48 jam.

Tips Perawatan Karpet

Karpet memerlukan perawatan karena bulu-bulu karpet dapat menjadi sarang kutu maupun debu. Untuk perawatan ringan dapat menggunakan vacuum cleaner untuk menghisap debu dan kotoran. Lakukan seminggu sekali.

Untuk perawatan berat, lakukan minimal 6 bulan sekali dengan mencuci. Jika tidak mampu dilakukan sendiri, gunakan jasa laundry. Membersihkan karpet harus rutin dikerjakan agar karpet selalu tampak bersih dan indah.

Ubah posisi karpet 2-3 bulan sekali, terutama jika karpet terkena langsung sinar matahari lewat jendela atau pintu. Sinar matahari dapat menyebabkan warna karpet akan cepat memudar. Apabila tidak di putar warna akan tampak belang.

Untuk karpet yang bau apek meskipun terlihat bersih, bisa dihilangkan dengan menaburkan sedikit baking soda di atas permukaan karpet. Diamkan kurang lebih 1 jam, kemudian bersihkan dengan menggunakan alat pembersih debu.

Jika terkena noda atau kotoran yang berbau sangat menyengat, cucilah bagian tersebut menggunakan larutan cuka dan air dengan perbandingan 20:80. Gunakan lap bersih yang telah dicelupkan ke dalam larutan tersebut untuk menyeka bagian karpet yang kena noda.

 

Tips Memasang Dan Memelihara Karpet di Rumah

Artikel Terkait

Tentang Penulis: Lentera Rumah

Blogger yang suka menulis dan berbagi tentang properti dan lingkungannya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *