Tujuan Konservasi Alam Bagi Kelestarian Lingkungan 


Konservasi alam menjadi upaya paling efektif untuk melindungi dan melestarikan alam. Tujuan konservasi alam bukan hanya melindungi alam saja, namun tetap memperhatikan keberadaan komponen lingkungan sehingga dapat bermanfaat untuk sekarang dan untuk masa depan. Karena tanpa alam kehidupan di bumi tidak akan seimbang.

Kelestarian Lingkungan

Tujuan Pelestarian Alam atau Konservasi

Alam mempunyai komponen lengkap yang saling berhubungan membentuk kehidupan. Jika salah satu komponen tersebut punah, keseimbangan kehidupan agar terganggu dan berdampak bagi kehidupan manusia. Oleh karena itu, sebagai upaya melestarikan dan melindungi lingkungan beserta komponennya, konservasi alam bertujuan untuk:

1. Melindungi Kekayaan Ekosistem

Alam menjadi tempat tinggal bagi hewan dan tumbuhan. Dengan adanya konservasi alam dapat memberikan perlindungan bagi tempat tinggal atau ekosistem makhluk hidup agar tidak terganggu, teralih, terganti bahkan punah. Konservasi juga dapat menjaga proses ekologi sehingga ekosistem bisa seimbang.

2. Melindungi Flora dan Fauna

Alam menyimpan beragam jenis flora dan fauna. Seiring dengan perubahan iklim, cuaca dan perbuatan manusia, spesies flora dan fauna tersebut terancam punah. Sehingga dengan adanya konservasi dapat melindungi dan mempertahankan kehidupan berbagai makhluk hidup di dalamnya termasuk hewan dan tumbuhan.

3. Menjaga Kualitas Lingkungan

Lingkungan memberikan keseimbangan bagi kehidupan. Sehingga dengan upaya pelestarian alam dapat mencegah kerusakan alam yang dapat menimbulkan kerugian dan bencana bagi manusia sendiri. Lingkungan yang terjaga, dapat meningkatkan sumber genetika dari flora dan fauna yang dapat dimanfaatkan sebagai bahan pangan dan obat-obatan.

4. Melindungi Benda Sejarah

Konservasi bukan hanya melindungi komponen alam saja, namun memperhatikan benda sejarah yang masih tersimpan di alam. Sehingga benda tersebut tidak hancur atau rusak karena faktor kimiawi, mikro organisme ataupun karena alam itu sendiri.

5. Menjamin Keserasian Sumber Daya Alam

Alam menyimpan sumber daya alam yang luar biasa. Baik sumber daya alam hayati, fisik, dan ekosistem bagi flora dan fauna. Melalui konservasi dapat menjamin keserasian akan SDA tersebut dan dapat dikendalikan dengan baik.

Konservasi alam dapat dilakukan oleh semua orang. Termasuk AQUA yang ikut berperan dalam menjaga, melestarikan dan melindungi lingkungan melalui kampanye Bijak Berplastik dengan menghadirkan program AQUA Life yang merupakan inovasi botol daur ulang pertama di Indonesia. Hal ini selaras dengan proses produksi yang selalu memperhatikan lingkungan beserta sumber daya alam didalamnya agar senantiasa terjaga dengan baik.

 

Tujuan Konservasi Alam Bagi Kelestarian Lingkungan 

Artikel Terkait

Tentang Penulis: Lentera Rumah

Blogger yang suka menulis dan berbagi tentang properti dan lingkungannya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *