Merancang Koridor Di Sisa Lahan Belakang rumah


Bagi pemilik rumah yang memiliki sisa lahan di belakang rumah dengan ukuran yang sempit dapat disulap menjadi koridor indoor yang menarik. Sisa lahan di belakang rumah kadang kurang mendapat perhatian. Sisa halaman outdoor yang memiliki ukuran 10 x 2 meter di belakang rumah yang masih dapat terkena sinar matahari langsung serta hempasan air hujan dapat dirancang sebagai ruang indoor bernuansa outdoor.

Sisa Lahan Belakang rumah

Bagaimana membuat sisa lahan di belakang rumah agar memberikan fungsi maksimal serta menciptakan suasana indah dan nyaman? Salah satu untuk memanfaatkan sisa lahan tersebut adalah dirancang menjadi sebuah koridor indoor dengan nuansa outdoor menarik yang dapat dijadikan ruang santai keluarga.

Berikut beberapa saran yang dapat dipertimbangkan.

1. Menggunakan Material Outdoor

Agar mendapatkan suasana outdoor di dalam rumah, disarankan agar menggunakan material-material outdoor seperti batu alam dan berbagai material lain yang mencitrakan suasana ruang terbuka seperti bangku taman dan sebagainya.

2. Meminimalkan Benda

Sisa ruangan yang sempit di belakang rumah, sebaiknya tidak terlalu banyak meletakkan benda-benda yang terlalu besar dan dengan jumlah yang banyak karena akan menghalangi alur sirkulasi di belakang rumah. Sebaiknya di area ini hanya digunakan untuk meletakkan pot tanaman yang sekaligus dapat berfungsi menjadi penyejuk ruangan. Bisa juga menanam tanaman yang berukuran besar dan berdaun lebar sehingga menjadi penuduh yang baik.

Baca Juga:  Membangun Rumah Kecil Di Lahan Sempit

3. Menggunakan Batu Alam

Lantai koridor sebaiknya menggunakan batu alam atau keramik yang bertekstur kasar. Dapat menggunakan batu gilang yang tidak mudah berlumut dengan tekstur kasar sehingga akan mempermudah pergerakan sirkulasi dalam berjalan maupun beraktivitas. Bagian samping lantai dapat menggunakan batu koral yang hanya disebarkan untuk menjadi resapan air pada saat hujan.

4. Ruang Santa Keluarga

Koridor indoor belakang rumah ini dapat digunakan sebagai ruang bersantai dan berkumpul bersama keluarga dengan menempatkan kursi dan meja outdoor dengan ukuran minimal, karena telah didesain area belakang rumah tidak lagi kotor dan becek saat hujan.

Semoga uraian di atas dapat menjadi salah satu inspirasi bagi Anda yang ingin memanfaatkan lahan sisa di belakang rumah agar menjadi lebih maksimal.

 

Merancang Koridor Di Sisa Lahan Belakang rumah

Artikel Terkait

Tentang Penulis: Lentera Rumah

Blogger yang suka menulis dan berbagi tentang properti dan lingkungannya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *