Tips Memulai Bisnis Properti bagi Pemula

Memulai Bisnis Properti

Bisnis properti rumah merupakan usaha yang memiliki prospek cerah karena merupakan salah satu kebutuhan pokok manusia. Banyak orang setiap hari mencari informasi tentang properti, sehingga bisnis ini menjadi bisnis menggiurkan bagi kaum milenial termasuk juga untuk pemula yang ingin mulai berbisnis.


Bisnis Properti

Bagi sebagian orang, bisnis properti itu dianggap jual beli perumahan atau beranggapan harus membeli atau membangun perumahan terlebih dahulu, kemudian dijual atau disewakan.

Memang tidak salah karena bisnis properti juga sering disebut sebagai bisnis real estate yaitu kegiatan jual beli tanah dengan bangunan diatasnya baik yang dibuat oleh manusia atau yang ada secara alami. Namun dalam perkembangannya bisnis properti termasuk juga usaha jual beli apartemen, perkantoran, villa, clustertown house, dan juga ruko untuk penggunaan pribadi ataupun disewakan kembali.

Selain itu, ruang lingkup bisnis properti bukan hanya membangun atau membeli properti saja, melainkan orang yang menawarkan properti (agen properti) juga bagian dari bisnis ini. Oleh karena itu, menggeluti bisnis properti bisa dilakukan oleh siapa saja, termasuk pemula.

Cara Memulai Bisnis Properti bagi Pemula

Memulai bisnis properti dapat dilakukan oleh siapa saja. Anda bisa dengan mudah menjadi agen properti, lalu menawarkan properti yang sudah ada dengan memasang iklan di situs jual-beli rumah. Namun agar sukses ada beberapa tips dan saran yang perlu diketahui, terutama bagi pemula bisnis properti.

Memiliki Modal

Menjalankan bisnis properti tidak harus memiliki modal besar seperti membangun properti. Namun modal tetap diperlukan untuk memulai bisnis ini, yang disesuaikan dengan kebutuhan bisnis. Modal digunakan untuk membeli properti, promosi, membuat website, perjalanan, dan lain sebagainya.

Melakukan Riset Pasar

Riset pasar dibutuhkan untuk mengetahui jenis-jenis properti yang paling dicari oleh konsumen. Selain itu untuk analisis harga, fasilitas infrastruktur dan lokasi properti, dimana akan sangat berguna dalam mempengaruhi dalam sewa atau jual-beli.

Mengikuti Pelatihan

Memulai bisnis properti pemula pastinya belum atau kurang mengenal tentang ruang lingkup properti termasuk cara pemasaran, aturan dan hukum yang berlaku, yang mungkin sedikit berbeda dengan yang lain. Oleh karena itu belajar dengan mengikuti pelatihan online maupun offline sangat disarankan bagi pemula

Segera Memulai Bisnis

Jika telah memiliki modal, mengikuti pelatihan dan telah melakukan riset pasar, segera bertindak. Bergabung menjadi agen properti bisa dilakukan. Atau jika memiliki modal cukup, sewa apartemen, bisnis kos-kosan, atau rumah kontrakan dapat sebagai langkah awal memulai bisnis properti. Mengajukan kredit ke pihak bank untuk mencicil properti dapat dilakukan. Manfaatkan fasilitas KPR tanpa DP jika ada.

Pastikan juga menginvestasikan sebagian biaya untuk membuat hunian atau apartemen menjadi layak huni. Lebih baik lagi jika properti yang ditawarkan memiliki keunggulan, seperti fasilitas yang lengkap atau lokasi yang strategis.

Tips Bisnis Properti bagi Pemula

Apapun bentuk bisnis yang akan dilakukan, wajib memperhatikan personal branding dan kualitas dari produk itu sendiri. Berikut ada beberapa tips bagi pemula dalam bisnis properti.

Bangun Reputasi

Anda bisa memulai membuat website sendiri dengan melibatkan beberapa teman atau kolega yang ahli dibidangnya. Jika tidak ingin menghabiskan uang terlalu besar, Anda bisa ikuti tutorial cara membuat website mulai dari nol. Setelah itu, percantik tampilan website dengan menambahkan logo, tagline dan artikel.

Di dalam website Anda bisa mengatur penempatan properti di beranda atau terpisah dalam beberapa sub. Lalu tambahkan foto dengan high resolution, serta lengkapi dengan deskripsi properti meliputi harga rumah dan lokasi propertinya, agar konsumen mudah membacanya. Pastikan tampilan website Anda user friendly dan mudah dibaca, baik melalui desktop atau mobile.

Untuk mendapatkan website yang handal gunakan VPS Indonesia dari Niagahoster. Layanan penyedia Hosting Niagahoster merupakan pilihan tepat untuk memulai membuat website bisnis properti.

Niagahoster selalu berusaha menghadirkan paket VPS terbaik yang didesain sedemikian rupa agar siapapun, baik profesional maupun pengguna awam agar dapat menggunakannya dengan sangat mudah. Paket VPS murah Niagahoster cocok dengan kebutuhan bisnis dan rencana skalabilitas website karena memiliki performa yang lebih optimal dan mendapatkan kesempatan untuk upgrade ke sumber daya yang lebih besar kapan saja!

Gunakan Media yang Tepat

Memasarkan properti hanya di website properti tidak cukup, manfaatkan juga media sosialyang tepat dan cocok untuk berpromosi. Misalnya Facebook, Twitter, Instagram, Yotube dan lain sebagainya. Gunakan kalimat-kalimat persuasif agar konsumen tertarik, lalu sertakan juga foto dan video lokasi.

Perluas Networking

Mengikuti pelatihan bisa memperluas jaringan kerja sama dengan beberapa orang penting di bidang ini. Cara ini tentu dapat membantu meningkatkan skill berbisnis dan komunikasi, untuk tujuan bisa menjual rumah dan memasarkan properti dengan baik.

Kolaborasi dan Menjadi Agen Properti

Sudah memiliki skill memadai? Saatnya memulai bisnis properti dengan berkolaborasi di marketplace khusus properti seperti rumah123.com, yang membantu konsumen menemukan propertinya.

Keuntungan Bisnis Properti

  • Ada beberapa keuntungan yang didapat dari bisnis properti ini, antara lain:
  • Nilai Jual Properti Selalu Naik. Properti adalah aset yang tidak akan tergerus oleh inflasi, karena asetnya tidak berbentuk uang.
  • Bisa Dijadikan Aset. Bahkan properti pertama  sudah dapat dijadikan sebagai aset dan instrumen investasi menjanjikan.
  • Risiko Kerugian Rendah.  Properti seringkali diklaim sebagai aset dengan kerugian rendah, sebab harganya cenderung stabil dibandingkan instrumen investasi lainnya.

 

Tips Memulai Bisnis Properti bagi Pemula

Artikel Terkait

Tentang Penulis: Lentera Rumah

Blogger yang suka menulis dan berbagi tentang properti dan lingkungannya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.