Beberapa Gereja Tua Berdesain Indah


Tahukah Anda dimana saja gereja-gereja tua berdesain indah? Bahkan, beberapa gereja tua tersebut ada yang sudah masuk kedalam daftar warisan dunia oleh UNESCO. Seperti diketahui bahwa gereja merupakan rumah ibadah pertama yang bersentuhan dengan dunia seni arsitektur dan merupakan salah satu jejak peradaban di dunia. Beberapa gereja di negara-negara tertentu juga menjadi contoh karya arsitektur terbaik.

Arsitektur Gereja Tua Berdesain Indah

Pendirian gereja dimulai pada abad pertengahan pada masa kekuasaan Konstaninus dan Karel Agung di Eropa yang telah mengeluarkan maklumat tentang hak-hak beribadah umat Kristen (Edict of Milan). Sebelumnya, bangunan gereja masih sangat sederhana dan para penganut agama Kristen harus bersembunyi karena terancam oleh kekaisaran Romawi. Hingga pada akhirnya pembangunan gereja pun dipengaruhi oleh gaya arsitektur berikut ini:

1. Gaya Basilika yaitu bangunan gereja yang berdesain bangunan Romawi. Di zaman Romawi, basilika merupakan sebuah bangunan yang digunakan berbagai macam kegiatan seperti: pengadilan dan tempat perniagaan. Ciri gereja bergaya basilika adalah pilar atau tiang besar, altar batu dan dinding bermozaik.

2. Gaya Romanaseque yaitu gereja bergaya Romanesque berkembang sekitar tahun 1050 sampai tahun 1200. Contoh gaya arsitektur ini bisa ditemui pada gereja katedral. Cirinya adalah memiliki menara, beraula besar, beratap batu, ukiran dindingnya berdasarkan kisah-kisah dari Alkitab, kemegahan ditekankan pada bagian eksterior gereja.

3. Gaya Gothic yaitu bangunan gereja yang berkonsep keleluasaan cahaya dalam ruangan. Ciri spesifik gereja bergaya gothic adalah dinding dipenuhi kaca bergambar (stained glass) untuk memberi kesan cerah pada ruangan.

Gereja tua dan indah

Berikut gereja-gereja yang usianya sudah ratusan tahun dan didesain dengan sangat indah!

1. St. Basil Cathedral di Moskow

st. basil cathedral moscow

Gereja yang termasuk kedalam warisan dunia ini dibangun sekitar tahun 1555 dan 1561. Dahulu St. Basil Cathedral pernah diklaim sebagai gereja ortodok Rusia. Barma dan Posnik Yakoklev yang mendasain St. Basil Cathedral atas perintah penguasa setempat yaitu Ivan IV. Gereja yang berkubah dan berujung lancip ini berwarna-warni seolah menjadi ikon kota Moskow.

2. Gereja St. Peter Basilica di Vatikan

St. Peter Basilica Vatikan

Gereja ini selalu menjadi pusat perhatian dunia pada saat perayaan Natal karena termegah di dunia. Pembangunan gereja ini awalnya atas permintaan raja Konstantin I dan dirancang oleh Donato Bramanter, Carlo Madermo dan Gian Lorenzo Bermini pada tahun 1506 hingga tahun 1626. Di gereja ini pula Santo Petrus disalibkan dan kuburannya ditandai oleh sebuah altar.

3. Gereja Sagrada Familia di Barcelona

sagrada familia barcelona

Gereja Sagrada Familia merupakan gereja Katolik Roma yang berada di Barcelona, Spanyol dan dirancang oleh Antoni Gaudi pada tahun 1852 hingga 1926. Gereja yang masuk kedalam warisan Unesco ini direncanakan akan rampung pembangunannya pada tahun 2026 atau setelah peringatan seratus tahun kematian Gaudi. Sagrada Familia memiliki 18 menara yang semuanya memiliki lambang tertentu yaitu Yesus Kristus, 12 murid Yesus, bunda Maria, dan 4 penginjil (St. Lukas, St. Matius, St. John, St. Mark)

Mempelajari seni arsitektur tidak lepas pula pada arsitektur gereja. Sebab, dari sanalah kita mengenal aneka gaya bangunan yang memiliki nilai seni. Contohnya saja : Santo Basil Cathedral, St. Peter Basilika dan Sagrada Familia merupakan gereja-gereja tua berdesain indah.

 

Arsitektur Gereja Tua Berdesain Indah

Artikel Terkait

Tentang Penulis: Lentera Rumah

Blogger yang suka menulis dan berbagi tentang properti dan lingkungannya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *