Persiapan Rumah Untuk Hadapi Musim Hujan


Pada setiap akhir dan awal tahun umumnya di Indonesia mulai diguyur hujan dengan curah yang cukup tinggi. Mempersiapkan rumah kembali untuk menghadapi musim hujan terkadang sangat perlu mengingat musim panas yang telah dilalui cukup lama, bisa merubah keadaan rumah terutama perubahan di atap.

Rumah Siap Menghadapi Musim Hujan

Musim hujan bisa berlangsung cukup lama, dan jika terjadi kebocoran di rumah akan bisa membuat suasana tidak nyaman dan aman. Jangan lupa untuk Menjaga Bahan Material Bangunan Saat Musim Hujan

Untuk itu, meskipun terlambat, jika hujan sudah mulai menyapa sebaiknya menyempatkan diri untuk membenahi kebocoran atau mengecek di beberapa bagian dari rumah yang dapat menyebabkan air hujan masuk ke dalam rumah.

Rumah Siap Menghadapi Musim Hujan

Bagian utama rumah yang paling rentan terhadap air hujan adalah atap. Atap sebagai elemen pelindung dalam rumah memiliki peran yang paling penting, untuk itu bagian ini yang terlebih dahulu mendapat perhatian.

Pastikan posisi genteng masih tersusun rapi, dan periksa apakah ada yang pecah atau retak. Posisi genteng bisa berubah karena angin kencang atau gangguan lainnya selama musim kemarau hal ini akan menyebabkan kebocoran jika musim hujan datang.

Periksa juga bubungan karena plesteran semen di daerah tersebut bisa saja retak akibat panas berkepanjangan. Retaknya plesteran dapat menyebabkan air hujan masuk.

Jika muncul retak rambut, dapat memberi kawat kasa kemudian dilapisi dengan water proof, jika retak cukup parah lakukan plesteran ulang.

Jika kemiringan genteng di beberapa posisi berubah, periksa kayu penyangga yang mungkin sudah rapuh karena cuaca atau terserang rayap.

Jika kemiringan kurang sempurna, air hujan padat masuk lewat celah-celah genteng. Kemiringan genteng yang paling ideal adalah nimimal 30 derajat.

Jangan lupa memeriksa talang air. Sering kali lubang pembuangan air di talangan ini tersumbat oleh dedaunan kering atau kotoran yang telah menumpuk cukup lama selama hujan tidak turun.

Jika lubang tersumbat maka air akan mampet dan meluap dan bisa menimpa yang ada di bawah. Selain itu periksa dan bersihkan saluran dari talang air menuju got atau luar rumah agar tidak terjadi genangan air di sekitar rumah.

Jika menemukan titik air di plafon saat pertama kali hujan turun, setelah melakukan langkah di atas, sebaiknya segera melapisi dengan cat yang sama karena bintik-bintik air akan menjadi pemandangan yang kurang sedap karena hujan akan berlangsung cukup lama.

Semoga berguna dan rumah siap menghadapi musim hujan.

 

Persiapan Rumah Untuk Hadapi Musim Hujan – Lentera Rumah

Artikel Terkait

Tentang Penulis: Lentera Rumah

Blogger yang suka menulis dan berbagi tentang properti dan lingkungannya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *