Mengusir Tikus Di Rumah Dengan Cepat Dan Alami


Tikus memang lucu dan menggemaskan, namun itu untuk jenis tertentu yang memang menjadi hewan peliharaan atau sekedar film kartun Walt Disney. Kalau untuk tikus yang berukuran sedang, mempunyai mata dan telinga besar, hidung yang meruncing, badan yang relatif ramping dan ekor lebih panjang daripada badannya atau yang lebih dikenal sebagai tikus rumah (Rattus tanezumi) harus dibasmi dan diusir dari rumah. Apalagi sifat tikus ini liar,  merusak barang, pengganggu, menjijikkan di perumahan. Selain itu kelompok hewan ini juga menyebarkan dan menularkan berbagai penyakit kepada manusia dan hewan peliharaan.

cara mengusir tikus rumah

Banyak cara alami mengusir tikus rumah namun bergantung beberapa hal agar efektif, seperti konstruksi rumah dan ruangan, sumber makanan tikus, faktor alam, jenis tikus, dan lain-lain. Tidak sedikit orang menggunakan racun tikus yang sebenarnya bisa berdampak buruk pada manusia atau hewan peliharaan yang ada dalam rumah. Untuk itu, Lentera Rumah memberikan tips mengusir tikus rumah secara alami dengan cepat dan mudah.

 

Cara mengusir tikus secara alami

1. Cara Mengusir Tikus dengan kapur barus

Tips cara mudah mengusir tikus rumah yang pertama adalah dengan kapur barus (kamper). Aroma kapur barus tidak disukai oleh tikus, untuk itu ambil beberapa kapur barus (Dryobalanops aromatica) dan hancurkan secara kasar kemudian sebarkan di tempat-tempat yang biasa dilalui tikus.  Cara ini cukup efektif dan murah serta membuat tikus tidak akan masuk ke dalam rumah lagi jika terciun aroma kapur barus. Tikus pergi, rumah pun menjadi wangi.

2. Tikus pergi dari rumah karena bau ammonia 

Salah satu sifat tikus adalah menandai daerah kekuasaan dengan air kencingnya. Pada air kencing umumnya mengandung zat ammonia, oleh karena itu dengan menyemprotkan ammonia pada tempat tikus sering bersembunyi akan menghilangkan tanda kekuasaan tikus, sehingga tikus akan tersesat dan mencari teritorial baru. , nah cairan tersebut pun bisa mengusir para tikus nakal yang bersembunyi di sudut-sudut rumah. Namun cara menyemprotkan ammonia jangan terlalu banyak karena bau pesing dapat menyebar ke seisi rumah, cukup daerah yang dihuni atau dilewati tikus agar menimbulkan bau berbeda untuk menghilangkan jejak dan kekuasaan tikus.

3. Tips mengusir tikus dengan suara aneh

Tikus senang di tempat dengan suasana sepi, oleh karena itu biasanya tikus bergerak mencari makan di malam hari saat orang yang ada dalam rumah tidur atau tidak ada aktivitas. Agar ketenangan tikus terusik, dapat menggunakan suara alami dari jangkrik (Gryllus assimilis) jantan. Letakkan jangkrik pada tempat yang biasa dilalui dan dihuni tikus. Tikus akan segera pergi karena sifat tikus yang tidak betah dengan keramaian. Namun jangan terlalu banyak yang malah dapat mengganggu pemilik rumah. Bisa juga menggunakan mainan yang dapat mengeluarkan bunyi aneh yang masih berfungsi namun sudah tidak terpakai. Bunyi-bunyian aneh yang belum pernah tikus dengar sebelumnya akan membuat tikus pergi.

4. Tips cara mengusir tikus dengan bahan alami buah-buahan

  • Buah mengkudu dapat mengusir tikus dengan bau buah yang menyengat. Ambil dua atau tiga buah mengkudu (Morinda citrifolia L) kemudian potong menjadi beberapa bagian. Letakkan buah mengkudu tersebut dalam wadah dan taruh di tempat yang sering dilalui tikus.
  • Demikian juga dengan kulit buah durian. Ambil buah durian (Durio zibethinus) kemudian potong kulit durian menjadi beberapa bagian dan letakkan potongan kulit durian tersebut di tempat yang sering dilalui tikus. Bau menyengat dari kulit durian yang berduri akan membuat tikus pergi dari rumah.

5. Pengusir tikus ampuh alami daun mint

Daun mint (Mentha codifolia) memiliki bau mentol yang tidak disukai oleh tikus. Ambil beberapa ikat daun mint kemudian ditumbuk untuk diambil sarinya kemudian campur dengan air. Semprotkan cairan daun mint yang berbau mentol tersebut ke tempat atau yang sering dilalui oleh tikus. Tikus sangat membenci aroma daun mint sehingga tikus akan menghindari tempat yang berbau daun tersebut. Jika kesulitan mendapatkan daun mint bisa juga menggunakan minyak mentol yang yang dioleskan  pada selembar karton kemudian letakkan di tempat-tempat yang biasa dilalui oleh tikus. Untuk mencegah tikus-tikus yang berusaha masuk ke dalam rumah, bisa menanam pohon mint di sekitar rumah.

Demikian tips dan cara mengusir tikus dari rumah paling ampuh yang dapat dilakukan sendiri dengan mudah dan aman karena menggunakan bahan alami.

Related Post

2 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *