Membersihkan Rumah Setelah Musibah Banjir


Banjir sudah tidak pandang bulu lagi, bisa saja tiba-tiba menimpa rumah kita yang sebelumnya belum pernah kena banjir. Banjir entah karena faktor alam yang ekstrim maupun ulah manusia yang tidak bersahabat dengan alam. Lantas apa yang harus dilakukan jika banjir “bertamu” di rumah kita?

Membersihkan Rumah Akibat Banjir

Rumah Setelah Kena Musibah Banjir

Banyak pekerjaan rumah yang harus dikerjakan dan itu tidak boleh ditunda karena akan mengakibatkan kerugian semakin membesar.

Penanganan Furniture

Jika masih memungkinkan dibersihkan dan dipakai kembali, furniture dapat dipertahankan. Jika tidak layak lagi, sebaiknya merelakan untuk dibuang karena jika tidak akan menambah barang rongsok di rumah, dibersihkan serta dijemur pun akan percuma. Material furniture bermacam-macam yang tentu saja penanganannya berbeda pula.

Furniture dengan bahan kayu solid cukup bersihkan dengan lap yang sedikit basah. Tunggu sampai kering kemudian seka dengan cairan khusus kayu dan biarkan kering kembali.

Furniture sofa dengan lapisan kain. Pastikan lagi apakah masih layak untuk digunakan kembali. Jima hanya tergenang sebagian atau masih layak, bersihkan dengan larutan air yang dicampur sabun cair atau shampoo. Gunakan sikat lembut untuk menggosok, dan jangan lupa periksa lipatan sofa yang terkadang terselip kotoran atau lumpur. Bisa juga menggunakan vacuum cleaner untuk menyedot kotoran dan air. Jika sudah, jemur hingga kering. Baca Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Memperbaiki Sofa.

Penanganan Lantai

Banjir selalu membawa lumpur, lakukan penyiraman dengan air bersih kemudian digaruk dengan alat pel yang menggunakan karet atau busa sampai kering. Setelah itu lakukan pengepelan dengan cairan antiseptik agar terbebas dari kuman dan bakteri. Lantai yang bersih belum tentu bebas kuman atau bakteri yang dibawa oleh banjir. Perhatikan juga nat keramik.

Jika lantai bermaterial kayu, bersihkan dan keringkan secepatnya agar kerusakan lantai tidak semakin parah.   Rumah Cantik Dengan Lantai Kayu

Penanganan Dinding

Dinding yang lembab dan basah berpotensi jamur untuk tumbuh dengan cepat. Untuk itu, bersihkan sisa lumpur yang menempel di dinding dengan spon atau sikat yang telah dicelupkan larutan air dengan antiseptik. Selengkapnya Tips Menghilangkan Jamur Di Dinding.

Untuk lapisan cat yang mengelupas sebaiknya dibuang lalu dilapisi kembali dengan semen dan dilapis cat ulang jika tembok mengering.

Yang  terpenting setelah banjir adalah timbulnya permukaan lembab yang akan membuat jamur tumbuh serta menimbulkan bau yang tajam. Periksa bagian-bagian rumah yang berpotensi jamur tumbuh.

 

Membersihkan Rumah Setelah Musibah Banjir

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *