Cara Mencegah dan Membasmi Rayap di Rumah


Salah satu serangga yang cukup memusingkan bagi pemilik rumah adalah rayap. Bagaimana tidak, jika rayap sudah menguasai dan bersarang di dalam rumah, dapat memakan dan merusak perabotan maupun peralatan yang terbuat dari bahan kayu.

Membasmi rayap

Umumnya rayap masuk ke rumah melalui udara dan dalam tanah serta akan membuat sarang dan mulai bertelur untuk memperbanyak keluarganya. Bahkan seekor ratu rayap dapat bertelur hingga 160.000 butir dalam setahun dan kemudian 95% akan menjadi rayap pekerja yang nantinya menggerogoti kayu-kayu di rumah selama 24 jam!

Untuk itu, agar rumah selalu terhindar dari serangan rayap, maka kita harus membasmi rayap serta rutin membersihkan dan merawat rumah agar kedatangan rayap dapat dicegah.

Cara Mencegah Rayap Datang di Rumah

Berikut beberapa cara mencegah rayap yang dapat dilakukan sendiri agar serangga yang satu ini tidak bersarang di rumah.

1. Perbanyak ventilasi dan cahaya alami 

Memperbanyak ventilasi dan cahaya alami adalah salah satu cara untuk mencegah rayap masuk ke rumah. Hal ini disebabkan rayap sangat menyukai kondisi lembap dan minim sinar matahari. Oleh karena itu, jika sirkulasi udara lancar dan rumah memiliki cukup paparan cahaya matahari maka rayap enggan bersarang.

2. Mencegah genangan air

Rayap berkembang biak di genangan air seperti halnya nyamuk. Oleh karena itu bersihkan selokan, kolam, penampung air hujan dan lain-lain di sekitar rumah secara teruatur, terutama saat musim penghujan agar tidak dijadikan tempat berkembang biak bagi rayap.

3. Membersihkan kayu dan ranting di sekitar rumah

Tumpukan kayu dan ranting yang tidak terpakai bisa menjadi makanan enak bagi kawanan rayap, apalagi jika dalam kondisi lembap. Oleh karena itu segera bersihkan atau singkirkan sebelum koloni rayap datang. Bersihkan juga secara berkala tumpukan kayu yang tidak dipakai agar rumah tidak rentan dimasuki rayap.

4. Rutin bersihkan koleksi buku

Rayap sangat menyukai buku karena kertas terbuat dari serat kayu. Jika Anda memiliki banyak koleksi buku di rumah, maka harus lebih berhati-hati dengan serangan rayap. Oleh karena itu bersihkan dan rapikan koleksi buku secara rutin dan berkala agar tidak lembap dan terhindar dari serangan rayap.

Cara Membasmi Rayap di Rumah

Berikut beberapa cara membasmi rayap yang dapat dilakukan sendiri agar tidak bersarang di rumah.

1. Membasmi rayap dengan obat pembasmi serangga

Untuk menghindari serangan rayap pada furniture dan perabot kayu di rumah, atasi dengan menaburkan obat pembasmi serangga di area yang diserang rayap. Obat pembasmi serangga ini biasanya berbentuk serbuk putih atau cairan yang bisa digunakan juga untuk mengusir semut. Anda bisa mendapatkannya di toko-toko dan sudah tersedia dalam berbagai merek.

2. Membasmi rayap dengan menjemur perabot

Jika perabot berbahan kayu di rumah Anda sudah terlanjur terserang rayap, maka cara paling mudah membasmi binatang tersebut adalah dengan menjemur perabot. Keluarkan furnitur dari dalam rumah dan letakkan di bawah sinar matahari langsung. Rayap tidak suka dengan kondisi kering, panas, dan cahaya, maka mereka akan segera menjauh bahkan lama-kelamaan akan mati lemas.

3. Membasmi rayap dengan kapur barus

Selain obat pembasmi serangga, Anda bisa menggunakan kapur barus untuk mengusir rayap dari rumah Anda. Dengan kandungan naftalena yang dimilikinya, kapur barus bisa dijadikan bahan pembasmi rayap yang efektif. Letakkan kapur barus di tempat-tempat yang rentan serangan rayap. Bau kapur barus yang sangat kuat sangat tidak disukai oleh rayap, sehingga mereka akan menghindarinya.

4. Membasmi rayap dengan semprotan air sabun

Air sabun akan menyebabkan sistem pernapasan rayap terganggu dan membuatnya mati. Cukup menyediakan botol semprot kosong, air dan sabun cair. Campurkan sabun cair dengan air secukupnya, masukkan dalam botol semprot, kemudian kocok sehingga seluruh bahannya tercampur. Semprotkan larutan tersebut ke area yang diserang rayap.

5. Membasmi rayap dengan garam

Garam mengandung selulosa yang disukai rayap. Ketika rayap mengkonsumsi garam, struktur kristalin pada garam akan menyerap cairan tubuh rayap secara alami. Kondisi dehidrasi inilah yang akan mematikan rayap secara perlahan. Ambil garam kemudian taburkan garam ke area tempat rayap berkembang biak.

6. Membasmi rayap dengan air cucian beras

Air bekas mencuci beras ternyata bisa digunakan untuk membunuh rayap yang ampuh. Cukup kumpulkan air bekas cucian beras dan masukkan dalam botol semprot, kemudian semprotkan pada area yang terserang rayap. Koloni rayap akan berkurang secara perlahan dan berangsur-angsur meninggalkan area tersebut.

 

Cara Mencegah dan Membasmi Rayap di Rumah

Artikel Terkait

Tentang Penulis: Lentera Rumah

Blogger yang suka menulis dan berbagi tentang properti dan lingkungannya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *