Mengatasi Jamur Pada Lemari Particle Board


Furniture lemari berbahan dasar particle board banyak ditemukan di pasaran serta banyak yang meminati karena desain furniture yang praktis dan ringan. Namun material dengan particle board rentan terhadap jamur, oleh karena itu perlu dicermati cara perawatan agar jamur tidak mengganggu kenyamanan.

Lemari Particle Board

Umumnya jamur berkembang karena udara lembab atau suhu berubah dengan sangat cepat. Particle board yang terbuat dari serbuk kayu atau serpihan kayu merupakan salah satu bahan yang rentan terhadap air serta kelembaban udara, oleh karena itu lemari dengan bahan dasar particle board akan mudah terserang jamur.

Selain itu, pada saat proses finishing, bahan particle board biasanya hanya dilapisi veneer atau fancy laminate paper, sehingga kadang jamur dapat cepat berkembang dalam lemari yang menggunakan bahan ini dan tentu saja sangat mengganggu kenyamanan jika jamur telah berkembang biak dengan jumlah yang sangat banyak.

Cara mengatasi jamur pada lemari particle board

1. Kosongkan isi lemari terlebih dahulu. Gunakan lap yang telah ditetesi alkohol untuk membersihkan jamur yang menempel pada dinding lemari. Alkohol berfungsi untuk mematikan jamur.

2. Setelah jamur bersih, lapisi lemari dengan cat kayu clear dengan bahan melamin. Pengecatan sebaiknya dilakukan di area luar ruangan agar gas yang dihasilkan cat tidak mengganggu pernafasan. Tunggu sampai kering dengan sempurna sebelum digunakan kembali.

Perawatan lemari particle board

Untuk perawatan sehari-hari jangan sampai jamur datang, sebaiknya melakukan hal-hal berikut:

Letakkan beberapa kapur barus atau pengharum anti jamur di sudut-sudut lemari agar pakaian atau barang-barang di dalamnya tetap harum dan terlindungi dari serangan jamur.

Sirkulasi udara dalam lemari harus terjaga dengan baik. Buka pintu lemari secara berkala agar kondisi lemari tidak lembab yang dapat memicu munculnya jamur.

Perhatikan juga penghawaan alami dalam ruangan tempat dimana lemari tersebut berada. Pastikan ventilasi silang dalam ruangan tersebut berlangsung dengan baik.

Hindari penempatan lemari yang menempel langsung pada dinding untuk mencegah udara lembab di sela-sela antara dinding dan lemari.

Mengatasi Jamur Pada Lemari Particle Board

Artikel Terkait

Tentang Penulis: Lentera Rumah

Blogger yang suka menulis dan berbagi tentang properti dan lingkungannya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *