Tips Rumah Aman Saat Ditinggal Mudik Lebaran


Sudah menjadi tradisi bagi kebanyakan perantau yang mencari rejeki di kota besar seperti Jakarta, acara Lebaran merupakan salah satu kesempatan yang baik untuk bertemu dengan sanak saudara di kampung halaman sehingga sayang bagi mereka untuk melewatkan momen ini. Lebaran atau Idul Fitri akan diwarnai mudik masyarakat terutama dari kota ke kampung, dan yang dominan adalah dari Jawa ke luar Jawa, lebih spesifik dari ibukota Jakarta ke kota-kota lainnya.

pencuri rumah kosong

Banyak orang yang melakukan mudik karena antara lain untuk melepas rindu dengan kampung halaman sambil bersilaturahmi dengan sanak saudara di kampung, sampai dengan yang hanya ingin berlibur saja di kampung halaman demi mencari suasana baru yang tidak terdapat di kota. Apalagi mudik Lebaran sudah menjadi ritual tahunan yang dilakukan sebagian besar orang Indonesia saat menyambut hari Lebaran.

Tapi, sebelum melakukan mudik dan meninggalkan rumah dalam waktu yang relatif lama, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan terutama menyangkut keamanan rumah kita.

Tips Agar Rumah Aman Saat Ditinggal Mudik Lebaran

Pertama, pastikan pintu dan jendela rumah Anda terkunci.

Jika perlu, pasang alarm atau kamera tersembunyi (CCTV) di area-area tertentu untuk mencegah pencuri masuk ke rumah. Kedua, matikan aliran listrik, gas dan air. Jangan lupa mencabut selang dan regulator gas dari tabung dan kompor, mematikan aliran air minum dan semua aliran listrik yang tidak digunakan serta hal-hal lainnya yang sekiranya dapat menimbulkan bahaya.

Kedua, gunakan lampu sensor.

Agar tidak menarik perhatian pencuri, gunakanlah lampu sensor yang dapat menyala otomatis saat malam hari dengan memakai sensor cahaya. Anda tidak perlu repot-repot menyalakan atau mematikan lampu, karena lampu akan menyala sendiri menjelang maghrib.

Ketiga, jangan lupa lapor kepada Ketua RT/RW setempat.

Berikan pula nomor telepon genggam yang bisa dihubungi. Apabila terjadi hal-hal darurat Anda akan mudah dihubungi.

Keempat, minta tolonglah kepada tetangga terdekat yang tidak mudik dan petugas keamanan lingkungan untuk mengawasi rumah Anda.

Langkah tersebut perlu dilakukan karena hanya Anda dan tetangga yang sangat mengetahui keamanan lingkungan sekitar. Selain itu informasikan kepada petugas keamanan di lingkungan sekitar mengenai rencana mudik Anda. Mintalah bantuannya agar berkeliling mengontrol rumah Anda.

Kelima, mintalah bantuan seseorang untuk memeriksa rumah Anda beberapa hari sekali.

Selain memeriksa rumah, sekaligus minta bantuannya untuk membersihkan rumah. Sebab pencuri tahu betul rumah yang tidak terawat biasanya tidak berpenghuni.

Keenam, jika Anda berlangganan koran atau majalah.

Beritahukan kepada agen koran dan majalah untuk tidak mengirimkannya selama Anda pergi. Ini untuk menghindari penumpukan koran dan majalah saat rumah ditinggal mudik.

 

Tips Rumah Aman Saat Ditinggal Mudik Lebaran

Artikel Terkait

Tentang Penulis: Lentera Rumah

Blogger yang suka menulis dan berbagi tentang properti dan lingkungannya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *