Berkebun Di Supermarket Mengapa Tidak?


Umumnya orang berkebun di area tanah luas maupun pekarangan rumah. Namun tidak bagi salah satu supermarket di Jerman ini, Metro supermarket di Berlin justru berkebun di dalam area pasar swalayan modern tersebut. Teknologi hidroponik dimanfaatkan sebagai cara berkebun di dalam area supermarket yang membuat supermarket ini berbeda dengan yang umum.

Infarm kebun di supermarket metro berlin
image infarm (mashable)

Ide membuat kebun di dalam supermarket ini berasal dari Erez Galonska, pendiri Infarm yang suka dengan konsep hidup mandiri. Erez telah lelah dengan suasana keramaian kota dan ingin membuat sesuatu yang lain yaitu membuat kebun di apartemennya. Dengan bantuan mesin penelusuran Google, akhirnya ia menemukan hidroponik sebagai cara berkebun sayur tanpa tanah.

Setelah browsing di internet dan menonton tutorial hidroponik di Youtube, Erez mencoba berkebun dengan menggunakan sistem pipa hidroponik di ruang tamunya. Dalam jangka waktu sebulan, kebun sayuran hijau tercipta di ruang tamunya. Dengan adanya sayuran segar yang ia tanam sendiri, Erez Galonska merasa mendapatkan pengalaman yang sangat luar biasa dan alamiah. Apalagi saat mengkonsumsi sayuran segar dari kebun sendiri yang lebih sehat serta  rasanya jauh lebih enak.

kebun hidroponik di supermarket
image infarm (mashable)

Akhirnya pengalaman tersebut dicoba diterapkan pada supermarket Metro. Tentu saja arsitektur dan desain bangunan hidroponik berbeda dengan yang ada di apartemennya. Kebun yang ada pada supermarket dibangun di lorong berbentuk vertikal sebagai tempat tumbuhnya berbagai sayuran dan tanaman herbal.

Kebun hidroponik didesain sangat efisien dalam sebuah kotak modular yang bercahaya dengan menggunakan lampu LED yang berperan sebagai matahari buatan. Selain itu, beberapa sensor mikro diletakkan untuk memastikan kondisi kebun sayuran yang ada di dalam kotak sesuai dengan harapan.

Kebun di supermarket Metro Berlin telah menciptakan revolusi pertanian di tengah keramaian kota. Selain inovasi kebun vertikal, hasil sayuran segar menjadi pasokan setiap hari di supermarket tersebut. Pelanggan Metro tahu proses berkebun untuk mendapatkan sayuran hidroponik yang segar, sehat dan rasanya berbeda dengan sayuran pada umumnya. Sebuah startup menarik dan inovatif dari Infarm untuk menghasilkan produk sayur segar setiap harinya.

 

Kebun Hidroponik Di Supermarket – Lentera Rumah

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *