Beberapa Tips Sewa Kantor


Salah satu keperluan untuk bisnis adalah properti yaitu ruang kantor sebagai pusat  kegiatan administrasi dalam proses penyimpanan dan pengolahan data bisnis. Sebuah kantor umumnya merupakan unit organisasi yang terdiri dari ruang/tempat, staf personel dan untuk membantu pimpinan dalam menjalankan bisnis. Meskipun saat ini banyak bisnis online yang menggunakan virtual office namun terkadang memerlukan kantor nyata atau offline.

tips sewa ruang kantor

Memiliki sebuah bisnis dengan keterbatasan dan pertimbangan tertentu, tidak harus memiliki kantor sendiri. Keputusan untuk menyewa kantor dianggap lebih tepat dan menguntungkan dalam menjalankan bisnis. Untuk menyewa sebuah kantor sepertinya sebuah proses yang cukup mudah dan sederhana. Cari pilihan-pilihan yang ada di iklan baris, kemudian sewa kantor yang ada. Sederhana memang prosesnya, namun, apakah kantor tersebut sudah cocok arau sesuai dengan bisnis yang dijalankan?

Tips Sewa Kantor

 

Sewa kantor memerlukan pertimbangan yang matang serta usaha dan sedikit waktu ekstra untuk mencari. Jangan sampai mendapatkan kantor yang kurang tepat untuk kebutuhan bisnis yang dijalankan. Sering pindah kantor bukan persoalan sederhana apalagi kantor tersebut digunakan sebagai pusat bisnis untuk jangka waktu yang lama. Untuk itu, ada beberapa tips yang perlu dipertimbangkan dalam membantu menyewa kantor dengan baik.

1. Pertimbangkan Kebutuhan Bisnis Anda.

Berapakah jumlah karyawan yang ada? Jika Anda memiliki 10 karyawan, sebaiknya jangan menyewa ruang kantor untuk 100 karyawan, kecuali dalam waktu dekat akan menambah jumlah karyawan sebanyak itu. Jangan sampai terpengaruh iklan sewa kantor dengan fasilitas mewah dan melimpah jika bisnis Anda tidak benar-benar membutuhkan. Hal ini berkaitan dengan biaya sewa dan biaya operasional sehari-hari.

2. Membuat Anggaran Sewa Kantor

Pengeluaran anggaran yang besar untuk keperluan sewa dan perawatan kantor sedangkan anggaran pemasukan untuk biaya tersebut kecil atau tidak mencukupi, dapat menghancurkan bisnis Anda. Cari dan temukan ruang kantor dengan sewa yang cukup yang terjangkau dan yang paling penting pas sesuai dengan anggaran yang telah ditetapkan. Jika perlu, mencari agen yang bisa membantu mengatasi masalah sewa kontrak kantor yang sesuai dengan kondisi bisnis Anda.

3. Mencari Agen Properti Yang Tepat

Agen atau broker properti yang berpengalaman dalam memasarkan penyewaan kantor, tentu bisa melihat kondisi kliennya atas kebutuhan ruang kantor yang sesuai. Meskipun Anda dapat menyewa ruang kantor sendiri, akan tetapi sebuah keputusan yang tepat untuk mencari agen atau broker properti untuk membantu Anda menemukan kantor yang tepat, seperti melakukan negosiasi perjanjian sewa yang baik, memiliki akses ke sewa properti yang tidak terdaftar di iklan, dan lain sebagainya.

4. Pertimbangkan Biaya Bulanan Kantor

Saat ini, terutama di kota-kota besar, banyak kantor yang menggunakan tarif sewa dengan US Dollar. Sebaiknya memilih kantor dengan biaya sewa kantor dalam rupiah mengingat US Dollar memiliki nilai tukar yang cenderung naik sehingga jika rate mengalami kenaikan maka biaya sewa pun juga akan naik. Jika pun ingin tetap menggunakan dollar, pilih jangka waktu yang terlama agar terhindar dari kenaikan harga sewa kantor dari pihak pemilik gedung. Selain itu, pertimbangkan biaya bulanan yang dibebankan ke penyewa kantor, seperti security, listrik, biaya pemeliharaan gedung, parkir dan sebagainya. Ingat ada kasus seperti ini di Green Pramuka City beberapa waktu yang lalu.

5. Rencana Masa Depan Bisnis

Semua pebisnis mengharapkan bisnisnya berkembang meskipun harapan tersebut bisa saja pudar, namun rencana masa depan bisnis harus dipikirkan. Apakah keberadaan kantor yang di sewa saat ini juga akan mengalami perubahan? Selain itu, pilihan sewa ruang kantor yang sekarang memungkinkan untuk diperluas? Bagaimana jika Anda ingin  mengakhiri perjanjian sewa kantor karena ingin kantor yang lebih besar? Rencanakan dan pikirkan dengan matang untuk masa depan bisnis Anda, jangan sampai menimbulkan persoalan yang membuat bisnis anda berantakan hanya gara-gara ruang kantor yang disewa.

Masih banyak tips sewa kantor yang perlu Anda ketahui. Namun setidaknya kelima tips di atas dapat sebagai gambaran untuk menemukan properti yang tepat untuk bisnis Anda untuk jangka waktu yang lama di masa mendatang.

 

Tips Sewa Kantor – Lentera Rumah

.

Related Post

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *