Tren Desain Dapur Minimalis 2017


Desain dapur minimalis 2017 ini bisa menjadi konsep untuk menyiasati minimalnya luas lahan yang ada. DAPUR yang sehat memang sejatinya berawal dari desainnya, terlepas itu dapur sederhana atau dapur yang mewah sekalipun.

Meskipun memiliki dapur di rumah minimalis yang terbilang sederhana dan mungkin tidak begitu luas, bukan berarti harus miskin kreasi. Justru dapur yang terlihat sederhana menjadi satu tantangan bagaimana caranya supaya terlihat cantik dan nyaman.

Desain Dapur Minimalis

 

Desain Dapur Minimalis

Berikut beberapa tren untuk desain dapur minimalis

Memaksimalkan sudut ruang

Agar semua sudut ruang bisa dimanfaatkan secara maksimal, maka dibuat lemari penuh. Artinya akan ada lemarilemari yang berbentuk segitiga sebagai tempat penyimpanan. Dengan memaksimalkan penggunaan sudut ruang, maka tidak ada sudut terbuka sehingga debu tidak bersarang. Kecuali dibawah tangga, tempat penyimpanan yang lain yaitu dibawah meja dapur. Dibuat laci-laci kecil dan besar sehingga mengurangi penggunaan gudang.

Untuk menghemat tempat, maka ruang makan dapur dijadikan satu. Meja makan dibuat langsung bersambung dengan dapur, tentu saja diatur agar letak meja berada diluar area dapur.

Warna dan Pencahayaan

Dominasi warna putih juga sangat menolong untuk membuat dapur ini terang dan terasa lapang. Kalau Anda perhatikan, kabinet bawah kitchen set dibuat melayang. Di bagian bawahnya diberi pencahayaan. Selain untuk mempercantik, juga untuk menjaga dapur lebih mudah dibersihkan. Pencahayaan yang cukup membuat kotoran lebih jelas terlihat.

Untuk memiliki dapur mungil yang rapi, nyaman dan cantik, tidak dibutuhkan ruang yang luas. Dengan pengaturan yang cermat, semua barang dapur bisa tersusun rapi dan kegiatan di dapur menjadi lebih nyaman.

Dapur biasanya dipenuhi oleh perabotan yang terbuat dari bahan marmer dan kayu. Selain digunakan sebagai alat bantu memasak, perabotan ini juga mampu menciptaka kemewahan dengan cara sederhana. Selain sebagai tempat memasak, fungsi dapur juga adalah sebagai tempat bercengkrama antar anggota keluarga.

Desain untuk Dinding

Jika tampilan dinding dapur cenderung polos tentu lebih cepat menimbulkan kebosanan. Solusinya adalah dengan memberi variasi warna pada dinding, atau merubah total warna dinding yang lama. Ganti dengan warna cat yang hidup dan terlihat lebih segar. Jangan selalu warna putih atau pastel. Intinya dengan sentuhan warna baru, tampilan dinding lebih enak dilihat. Untuk memberi kesan dinamis dan hangat, aplikasikan warna kuning cerah atau hijau jeruk. Sempurnakan dengan wallpaper atau lukisan pada satu atau dua bagian dinding dapur.

Penempatan wallpaper sendiri bukan tanpa alasan, dengan pola wallpaper yang modern dapat membuat dekorasi dapur terlihat lebih stylish dan kontemporer. Ingat, mengacu dari unsur desain dapur sederhana sebagai konsep awal, maka wallpaper tidak harus mewah dan dari bahan yang mahal

Desain untuk Lantai

Tinggalkan lantai dapur yang mudah kotor atau mudah tergores. Ganti dengan material lain yang lebih awet karena pada dasarnya material untuk lantai dapur berbeda dengan material lantai pada ruang tamu, atau ruangan-ruangan lainnya. Perlu diketahui, mengganti material lantai secara keseluruhan bisa menjadi pekerjaan yang mahal. Namun meski begitu tetap ada pilihan material lantai yang murah untuk mengurangi pengeluaran anggaran.

Sejauh ini pilihan Vinyl lantai atau linoleum lantai adalah dua alternatif lantai paling murah sekaligus paling mudah diinstal di lantai dapur. Dengan dua pilihan tersebut selain dapat menekan biaya, kita juga sekaligus menghemat tenaga kerja. Pilihan lainnya lagi adalah laminate flooring. Pilihan ini tidak hanya murah, namun juga mengusung pola yang beragam sehingga bisa disesuaikan dengan dekorasi dapur. Jika dana kita memang benar-benar tidak mampu menjangkau harga dari beberapa pilihan lantai diatas, kita bisa menggunakan pilihan lain yaitu dengan mengaplikasikan permadani atau karpet sebagai pengganti sementara.

Desain untuk Meja Dapur

Desain dapur sederhana kurang sempurna jika tidak menyentuh bagian meja dapur. Lagi-lagi untuk menghemat biaya, hindari meja dapur dari bahan yang mahal misalnya lempengan batu padat yang memiliki permukaan meja kuarsa. Pilih material meja dapur yang murah seperti ubin atau laminasi. Jika lebih suka desain yang sedikit berbeda, kita bisa memilih meja keramik yang memiliki keunggulan dari sisi model, warna, dan desain. Namun untuk menginstal meja dapur keramik sendiri membutuhkan waktu yang cukup lama sehingga kurang efisien karena dapat memakan lebih banyak biaya.

 

Desain Dapur Minimalis 2017 – Lentera Rumah

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *