Cara Menghitung Kebutuhan Keramik Dengan Tepat


Cara menghitung kebutuhan keramik dengan tepat merupakan salah satu usaha untuk meminimalkan biaya dan waktu pemilihan dan pemasangan keramik. Membeli keramik untuk keperluan rumah saat ini semakin banyak digemari oleh masyarakat, selain motif dan ukurannya banyak, harganya pun bervariatif.

Namun saat akan membeli keramik sebaiknya hitung dulu kebutuhan keramik yang akan diaplikasikan pada ruangan. Jika tidak, banyak akibat yang ditimbulkan dengan salah perhitungan ini.

Menghitung Kebutuhan Keramik

 

Berikut beberapa akibat jika salah menghitung dengan tepat kebutuhan keramik.

Pekerjaan pemasangan menjadi terhambat.

Jika keramik memiliki sisa banyak pasti akan dipindahkan ke tempat lain dan proses ini akan membutuhkan waktu sehingga akan menghambat pengerjaan pemasangan di ruangan yang lain. Sebaliknya, jika kurang juga akan menghambat pengerjaan dikarenakan menunggu pembelian keramik lagi. Repotnya jika keramik sudah habis di tempat membeli sebelumnya atau di pasaran sudah tidak ada lagi.

Biaya pekerjaan pemasangan keramik membengkak.

Selain menghambat pekerjaan, jika perhitungan melebihi kebutuhan maka biaya akan membengkak karena terpakai untuk membeli keramik sisa yang tidak terpakai. Apalagi tidak ada perjanjian keramik sisa bisa dikembalikan. Demikian juga jika terjadi kekurangan, tanpa disadari biaya transport untuk membeli atau mencari kekurangan keramik akan menambah biaya pengeluaran, termasuk pengembalian sisa keramik jika diperbolehkan.

Pemasangan keramik tidak sesuai harapan.

Tidak semua produsen keramik selalu memproduksi motif maupun ukuran keramik yang sama. Dengan demikian jika terjadi kekurangan akibat salah perhitungan akan menyebabkan penggunaan keramik dengan motif lain sehingga akan tampak perbedaan. Kalau terjadi ketidakserasian dalam pemasangan maka harapan menggunakan keramik agar indah menjadi hilang. Jika dibongkar lagi untuk di pasang motif baru atau dimodifikasi, jelas akan semakin menambah biaya dan waktu.

Cara sederhana menghitung kebutuhan keramik.

Agar tidak menimbulkan hal-hal di atas akibat salah menghitung kebutuhan keramik dengan tepat, gunakan cara sederhana berikut ini yaitu menghitung luas ruangan yang akan dipasang keramik, baik itu untuk lantai maupun dinding.

Sebuah ruangan dengan ukuran panjang 4m dan lebar 4m maka dibutuhkan keramik 4mx4m=16m persegi. Di pasaran rata-rata 1 dus keramik=1m persegi, maka dibutuhkan keramik sebanyak 16 dus keramik.

Mengingat kemungkinan model keramik tidak diproduksi lagi, dapat menambah 1-2 dus sebagai cadangan pengganti jika suatu saat mengalami kerusakan.

Selamat berbelanja keramik.

 

Menghitung Kebutuhan Keramik – Lentera Rumah

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *