Arsitektural Rumah Minimalis Modern


Saat berkunjung ke sebuah rumah minimalis modern umumnya kesan pertama yang didapat adalah modern, sehat, terang, dan lapang. Terlebih jika merupakan sebuah rumah urban di wilayah yang padat, dengan sentuhan modern yang tanggap iklim tropis serta didukung keberadaan ruang terbuka serta lahan hijau akan menjadikan rumah terasa asri dan segar. Itulah ilustrasi arsitektual sebuah rumah minimalis modern.

Pengertian arsitektual adalah yang berhubungan dengan arsitek yaitu pengetahuan dan seni untuk merancang bangunan dan struktur yang lebih mendetail. Arsitektual berkaitan dengan cakupan perancangan keseluruhan lingkungan bangunan yang akan dikerjakan, mulai dari tingkat makro untuk perencanaan kota, kawasan atau lingkungan, lansekap atau bentang alam, hingga tingkat mikro untuk perancangan detail konstruksi bangunan dan desain perabot atau furnitur.

Arsitektural Rumah Minimalis

Arsitektural Rumah Minimalis Modern

Bentuk rumah minimalis yang simpel tanpa banyak detail akan mempertegas konsep rumah modern masa kini. Konsep minimalis tidakĀ  akan tampak kaku dan dingin jika menghadirkan suasana alami dengan menggunakan material alam. Penggunaan batu kali maupun batu alam lainnya pada beberapa bagian rumah mampu menghilangkan kekakuan. Tidak ketinggalan elemen landscape yang dihadirkan di halaman depan maupun tanaman rambat di pagar depan yang berlapis batu kali akan terasa lebih menyatukan dengan alam.

Saat ini sudah banyak rumah minimalis modern berani menghilangkan beberapa fungsi ruangan untuk mengutamakan efisiensi. Ruang tamu, misalnya, dengan alasan sangat jarang tamu berkunjung maka ruangan ini ditiadakan. Jika pun ada tamu yang belum dikenal atau tidak terlalu akrab cukup menggunakan teras depan atau di foyer. Sedangkan tamu yang sudah dianggap kerabat langsung masuk ke dalam ruang keluarga.

Ruang keluarga tidak luput dari konsep efisiensi rumah minimalis. Ruang keluarga menjadi ruang multi fungsi yaitu ruang santai keluarga sekaligus menerima kunjungan kerabat, bahkan tanpa partisi langsung berhubungan dengan ruang makan. Suasana keakraban lebih mendominasi di ruang ini.

Jika lebih menghadirkan suasana rumah yang lebih nyaman dan lapang, memilih rumah bertingkat sangat cocok. Lantai banyak lebih difungsikan untuk aktivitas bersama baik itu dari anggota keluarga maupun kerabat, sedangkan lantai atas difokuskan untuk ketenangan seperti ruang tidur, ruang belajar maupun tempat ibadah. Dengan demikian lantai bawah dapat di maksimalkan dengan menambah ruang olah raga, gudang dan sebagainya.

Rumah minimalis modern tetap harus memperhatikan lingkungan alam sekitarnya. Pembuatan taman yang tanggap iklim tropis akan membawa suasana rumah semakin asri tanpa meninggalkan kesan modern. Kolam ikan dengan material alam, pepohonan, bunga selain menciptakan kesegaran berfungsi juga meminimalkan udara panas di sekitar rumah.

Desain arsitektural rumah minimalis modern di kawasan urban yang tanggap dengan lingkungan dan iklim tropis akan menciptakan kenyamanan bagi penghuninya. Mewah, modern dan indah tanpa harus dipoles atau menggunakan dekorasi maupun furniture berlebihan, namun lebih kepada efisiensi dan manfaat, itulah kesan minimalis.

 

Arsitektural Rumah Minimalis Modern

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *