Wisma Griya Sabha Kopo DPR RI di Puncak


Jika anda mengunjungi daerah wisata Puncak, Bogor, Jawa Barat, mungkin yang ada di benak anda yaitu jalanan yang macet total, tempat penginapan yang asri di sepanjang jalan, serta wisata kulinernya yang dapat memanjakan lidah anda.

Sebagai tempat rekreasi wisata Puncak, pengunjung dapat menikmati wisata alam liarnya di taman safari, dimana disajikan hewan-hewan langka dan liar yang dapat dinikmati oleh para pengunjung, yang tidak kalah menariknya kita dapat menikmati wisata malamnya menyaksikan hewan-hewan tersebut. Selain itu, pengunjung wisata juga dapat menikmati hamparan kebun teh puncak pass, kawasan Gunung Mas Puncak, udara yang sejuk disertai segelas cangkir teh menambah hangatnya acara rekreasi kita.

Wisma Griya Sabha Kopo

Wisma Griya Sabha Kopo, Puncak Bogor

Di sepanjang jalan menuju puncak, banyak sekali penginapan yang menyediakan hunian yang cukup nyaman untuk melepas penat disela-sela keseharian aktivitas pekerjaan kita. Sebut saja beberapa hotel seperti Parama, Permata, Pondok Lembah Tirta, Puri Anandita, The Pinewood dan sebagainya yang menyediakan fasilitas penginapan yang layak dan dapat memanjakan diri kita. Selain hunian yang memang diperuntukkan bagi kalangan menengah atas tersebut, di sepanjang jalan puncak pass tersebut juga terdapat hunian yang layak dengan kocek yang cukup murah.

Berbicara mengenai hunian, DPR RI juga memiliki fasilitas ruang kerja dan ruang rapat yang berada di wilayah Puncak, yang bernama Wisma Griya Sabha Kopo, Puncak Bogor, selama ini masyarakat hanya mengetahui bahwa DPR hanya memiliki ruang rapat di lingkungan Senayan jakarta saja.

Wisma Griya Sabha Kopo pada prinsip dasarnya bertujuan mendukung kegiatan rapat-rapat Dewan. Karena sekarang ini dengan tingginya volume rapat-rapat dewan sehingga wisma griya sabha kopo sepenuhnya dipergunakan untuk kegiatan dewan, bahkan untuk pada saat sekarang kapasitas yang ada telah dirasa tidak mencukupi karena banyaknya permintaan dari alat kelengkapan dewan bahkan beberapa di tolak karena hanya cukup menampung 1 hingga 2 komisi saja.

Direncanakan Sekretariat DPR akan melakukan penambahan kamar, ruang sidang, dan menambah sarana dan prasarana lain yang diharapkan semuanya dapat menampung kegiatan dewan. Setjen DPR telah melakukan pembelian tanah seluas 10.332 m/segi, yang bertujuan untuk mengembangkan Wisma Griya Sabha Kopo.

Fasilitas Wisma Griya Sabha Kopo

Dalam mengontrol pelaksanaan kegiatan di wisma bagian perumahan, mempunyai perangkat Kepala Sub Bagian Wisma Kopo. Tugas dan fungsi sub bagian Kopo yaitu melakukan memonitor tiap hari melalui telpon dan 2 hingga 3 kali dalam 1 minggu mengontrol langsung datang ke lokasi.

Griya sabha Kopo di dukung beberapa karyawan baik itu PNS maupun honorer yang dibayar dari APBN, yang sebagian besar diambil dari warga sekitar. Sehingga community development antar Sekretariat Jenderal dengan warga sekitar terjalin dengan baik.

Fasilitas yang ada masjid yang dapat dipergunakan juga dalam kegiatan beribadat warga sekitar. Lapangan bulutangkis, tenis pangan, jogging trak, kolam renang, taman tempat bermain.

Masjid Wisma Griya Sabha Kopo

Wisma Griya Sabha kopo dalam memenuhi kebutuhan fasilitasnya juga bekerjasama dengan unit lain, seperti pemenuhan pengadaan AC, perangkat IT seperti Wifi dan Perawatan tersebut mempergunakan anggaran APBN yang masuk dalam DIPA. Sementara pengadaannya dilaksanakan oleh pihak ke tiga melalui peraturan yang berlaku Kepres 54 tahun 2010 tentang Pengadaan Barang dan Jasa tetap trasparansi dan akuntabel, efisien dan efektif

Untuk mengatasi tingginya entensitas hujan dan petir di wilayah puncak bogor, wisma griya kopo melengkapi dengan 5 antena anti petir. Sementara untuk mengatasi pemadaman listrik wisma bekerjasama dengan PLN, karena wisma juga merupakan lambang Negara dengan mempersiapkan genset untuk mengindari pemadaman yang tidak dapat dihindari. Mutu air sangat baik dan dapat diminum dan telah dilakukan uji kelayakan kualitas air minum.

Pengelolaan sampah juga dilakukan oleh pihak ketiga dengan proses tender, sementara untuk penghijauan dilakukan dengan koordinasi dengan kepala desa dan direncanakan penanaman pohon yang bermanfaat yaitu pohon berbuah.

 

Wisma Griya Sabha Kopo DPR RI, Puncak, Bogor, Jawa Barat

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *