Tips Melamar Lowongan Kerja Bank Untuk Fresh Graduate


Bekerja di bank bisa dibilang merupakan salah satu jenis pekerjaan yang banyak diminati. Apalagi jika bank yang kita tuju untuk melamar adalah bank besar seperti BCA. Untuk Anda yang merupakan fresh graduate atau baru saja lulus dari jenjang pendidikan universitas, berikut ini ada beberapa tips melamar lowongan kerja bank yang mungkin dapat dijadikan saran.

Melamar Lowongan Kerja Bank

Tips Melamar Lowongan Kerja Bank

1. Pahami Persyaratannya

Tips pertama untuk melamar lowongan kerja bank yang pertama bagi fresh graduate adalah tentu dengan memahami persyaratannya. Tips ini juga berlaku untuk lowongan kerja lain selain bank. Apabila kriteria yang dibutuhkan dalam persyaratan tersebut sesuai, maka langkah selanjutnya adalah menyiapkan persyaratan administrasinya. Bila tidak, Anda bisa melewati lowongannya.

Setelah Anda mempersiapkan administrasi, segera kirimkan berkas Anda dan jangan sampai terlambat. Disini Anda hanya perlu menunggu apakah lamaran lowongan kerja bank Anda nantinya lolos seleksi administrasi atau tidak. Jika Anda memenuhi kriteria berkas yang dipersyaratkan maka Anda hanya tinggal menunggu panggilan dari pihak bank.

2. Ikuti Tes atau Wawancara Terjadwal

Setelah Anda menerima kabar jika Anda sudah lolos seleksi administrasi, langkah selanjutnya Anda  akan mengikuti tes juga termasuk wawancara yang terjadwal. Tes lowongan kerja bank yang diberikan bisa saja berupa tes psikologi atau tes IQ. Sedangkan tes selanjutnya bisa berupa tes wawancara. Tes wawancara ini bisa dikatakan merupakan bagian yang paling dipertimbangan.

Untuk tes wawancara dalam melamar lowongan kerja bank ini sendiri tipsnya adalah sebagai berikut:

  1. Pahami seluk beluk posisi pekerjaan dari lowongan kerja di bank yang Anda pilih. Pihak HRD sangat menyukai interview yang punya persiapan dimana Anda sudah memahami seluk beluk pekerjaan Anda nantinya. Terutama perusahaan dimana Anda bekerja.
  2. Berikan penjelasan yang detail, jangan terlalu singkat ataupun berbelit-belit. Menjadi komunikatif dengan recruiter akan membuat mereka senang ketimbang Anda tidak menjawab singkat dan seadanya saja.
  3. Anda juga boleh secara antusias menanyakan hal-hal yang berhubungan dengan lowongan pekerjaan di bank, hal tersebut bukanlah hal yang tabu. Disini recruiter akan melihat seberapa besar minat Anda dengan pekerjaan Anda nantinya. Tunjukkan profesionalitas Anda.
  4. Tidak ada salahnya menceritakan latar belakang Anda memilih posisi lowongan kerja bank Pasalnya sebagian HRD masih percaya jika pelamar pekerjaan setidaknya harus berlatar belakang yang sama atau senada dengan posisinya. Ini bisa menjadi poin pertimbangan penting.
  5. Sebagai nilai plus lainnya, Anda juga bisa menulis kemampuan yang terukur di CV.  Seperti contohnya kemampuan komunikasi Anda atau kemampuan bekerja sama Anda. jelaskan kemampuan tak terukur Anda ini saat wawancara lowongan kerja di bank.

Selain tata cara diatas, ada juga tips untuk berpakaian saat melakukan wawancara kerja. Anda bisa mencari tipsnya dengan mudah di internet termasuk saat akan mendaftar lowongan kerja di bank yang identik dengan kerapian busana dan penampilan yang menarik.

3. Tunggu Kabar Baiknya

Setelah Anda melakukan serangkaian tes di atas, langkah terakhir dalam proses pendaftaran lowongan kerja bank adalah menunggu kabar baiknya. Apabila Anda belum menerima kabar baiknya, jangan merasa kecewa. Mungkin memang perusahaan atau posisi yang Anda lamar kurang cocok dengan kepribadian Anda dan itu bukan berarti Anda memiliki kekurangan.

Apalagi Anda merupakan fresh graduate yang masih memiliki banyak kesempatan. Tidak perlu terburu-buru, Anda bisa mendaftar lowongan kerja bank di waktu yang lain dengan lebih maksimal lagi. Semoga artikel ini bermanfaat dan Anda bisa mempersiapkan lamaran untuk lowongan selanjutnya. Semoga sukses!

 

Tips Melamar Lowongan Kerja Bank Untuk Fresh Graduate

Artikel Terkait

Tentang Penulis: Lentera Rumah

Blogger yang suka menulis dan berbagi tentang properti dan lingkungannya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *