Ternyata Ini Penyebab dan Cara Mengatasi Mobil Berdecit

Penyebab dan Cara Mengatasi Mobil Berdecit

Bunyi berdecit yang ada di mobil tentu saja harus diwaspadai oleh para pengendara, terutama untuk anda pengendara mobil. Nah mungkin anda sendiri masih ada yang belum tahu kira-kira apa penyebab dari bunyi berdecit di mobil tersebut?


Jika anda mendengar bunyi berdecit pada mobil, ini bisa menjadi sinyal jika kondisi mobil sedang bermasalah atau terjadi kerusakan di komponen luar hingga dalam dari kendaraan mobil yang anda miliki tersebut.

Misalnya saja saat anda mendengar bunyi yang berdecit di bagian roda belakang saat mobil akan berbelok atau berkendara pada medan jalan lurus.

Hal ini bisa terjadi karena berbagai macam hal, misalnya saja seperti kampas rem yang kotor, ban yang kekurangan angin dan penyebab lainnya.

Selain itu, di sisi lain bunyi dari berdecit roda mobil yang baru dinyalakan bisa terjadi karena belt atau sabuk pengaman dari mobil.

Sabuk  mobil sendiri berguna untuk menjadi pemutar dari komponen yang ada di mesin mobil, sama seperti pompa oli, kipas pendingin, AC dan sebagainya.

Usia dari sabuk mobil bisa dibilang sangat singkat karena memang komponen-komponen yang ada di dalam belt ini akan bekerja terus menerus saat mesin mulai dihidupkan hingga dimatikan.

Rekomendasi Artikel Lentera Rumah lainnya:  NowMe Terapkan Live Commerce Pertama di Asia Tenggara

Untuk letak dari komponen belt ini juga lumayan terbuka. Komponen ini sering terkena paparan lumpur, air, kerikil yang membuat bunyi berdecit di setiap roda-roda dari mobil yang anda miliki.

Penyebab Dan Cara Mengatasi Mobil Berdecit Terbukti Ampuh

Bunyi berdecit dari kendaraan tentu saja sangat menyebalkan, bahkan bisa membuat anda menjadi keki karena bunyi berisik yang ditimbulkan dari mobil kesayangan anda tersebut.

Nah untuk bisa mengatasinya, berikut dibawah ini adalah penyebab dan cara mengatasi mobil berdecit terbukti ampuh.

1. Kampas Rem Yang Kotor

Penyebab pertama dari suara mobil yang berdecit adalah karena kampas rem yang kotor.

Hal ini bisa terjadi karena jenis rem cakram dari mobil yang terbuka, dengan begitu membuat semua kotoran yang berasal dari luar jadi bisa dengan mudah masuk ke dalam kampas rem. Kampas rem inilah yang nantinya dapat berdebu hingga berkerak.

Jika memang kampas rem kendaraan anda sudah mulai kotor, tentu saja bisa menimbulkan bunyi di roda-roda mobil ketika sedang mengerem.

Untuk cara mengatasinya adalah anda harus segera membersihkan kampas rem supaya kotoran-kotoran yang ada di sekitar kampas rem menjadi hilang dan rem bisa berputar serta menggenggam cakram dengan sempurna.

Rekomendasi Artikel Lentera Rumah lainnya:  Kebijaksanaan Politik Luar Negeri Indonesia

Untuk cara perawatannya adalah dengan melakukan pengecekan secara rutin yang harus anda lakukan. Jika anda jarang melakukan pengecekan rutin, wajar saja jika suatu saat mobil anda berdecit lagi.

2. Sudut Roda Mobil Yang Sudah Tidak Seimbang

Penyebab berikutnya adalah karena sudut roda mobil yang sudah tidak seimbang lagi.

Sudut roda mobil seperti chamber, caster dan juga toe in serta toe out yang sudah diatur pas ketika mobil diproduksi akan menghasilkan pengalaman berkendara yang sangat nyaman.

Nah, namun sudut roda ini dapat bergeser loh seiring dengan mobil digunakan untuk berkendara.

Akibatnya akan timbul bunyi cit-cit yang timbul dari road mobil karena terdapat gesekan antara ban dengan aspal yang lebih besar.

Untuk cara mengatasinya adalah anda harus sering-sering melakukan pengecekan kondisi angin terhadap ban mobil dan juga memperhatikan ukuran ban apakah sudah sesuai dengan ukuran yang dianjurkan atau tidak.

3. Per Daun Yang Sudah Kering

Terakhir penyebab dari suara mobil yang berdecit saat digunakan adalah karena per daun yang sudah mengering.

Rekomendasi Artikel Lentera Rumah lainnya:  Sewa Container Untuk Kantor

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa per daun adalah pegas yang berbentuk seperti lempengan panjang mirip daun pandan. Dimana per ini biasanya berada di roda mobil serta mempunyai kekuatan yang besar.

Oleh sebab itu, tidak heran apabila per daun hanya bisa ditemukan di beberapa kendaraan-kendaraan besar saja seperti mobil niaga atau truk.

Namun untuk anda yang memiliki mobil produksi tahun 1990 kebawah, mungkin anda masih menemukan mobil anda menggunakan per daun.

Semakin besar dari bobot mobil, maka semakin banyak juga jumlah per daun yang ada di dalam roda.

Nah untuk anda yang memiliki mobil jenis niaga, bisa dipastikan kemungkinan besar alasan dari suara cit-cit di roda mobil adalah karena per daun yang kering.

Untuk mengatasinya, anda hanya perlu datang ke bengkel dealer Suzuki terdekat di bawah ini:

  1. Suzuki Handijaya Buana Trada, website : https://suzukigunungsahari.co.id
  2. Suzuki Sejahtera Buana Trada – Jabodetabek, website : https://suzukitrada.co.id
  3. Suzuki Indomobil Multi Trada, website : https://indomobilsuzukidealer.co.id

 

Ternyata Ini Penyebab dan Cara Mengatasi Mobil Berdecit

Artikel Terkait

Tentang Penulis: Lentera Rumah

Blogger yang suka menulis dan berbagi tentang properti dan lingkungannya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *