Cara Mudah Membersihkan Kaca Jendela Rumah


Seiring waktu, keadaan kaca jendela rumah pasti akan menjadi kotor, entah itu akibat debu, hujan, panas, atau noda. Kaca jendela yang kotor dan kusam akan membuat kondisi rumah tidak sedap lagi untuk dipandang dan mungkin dapat mengganggu kenyamanan aktivitas di rumah. Jika sudah demikian, langkah yang bijaksana adalah membersihkan kaca jendela yang kotor dan kusam tersebut.

 

Membersihkan Kaca Jendela Rumah

Cara Membersihkan Kaca Jendela Rumah

 

Berikut beberapa tips yang dapat Anda simak cara membersihkan kaca jendela untuk hasil yang maksimal.

Peralatan yang dibutuhkan.

  1. Satu Ember yang berisi air bersih
  2. Spons untuk menggosok noda membandel
  3. Pembersih kaca dengan pisau karet
  4. Kain lap bersih
  5. Lap pel kering
  6. Cairan pembersih khusus kaca atau deterjen khusus kaca

Cara Membersihkan Kaca Jendela Rumah

Siapkan cairan pembersih atau deterjen khusus untuk kaca dan jangan lupa membaca aturan pakai jika untuk pertama kali menggunakan cairan pembersih yang berbeda merek dengan yang biasa sering dipakai.

Sebelum membersihkan kaca, letakkan lap pel kering tepat di bawah jendela yang akan dibersihkan agar tetesan sisa air atau cairan pembersih tidak mengotori lantai.

Bersihkan dahulu sisi kaca yang ada di dalam rumah. Biasanya, sisi luar lebih kotor daripada di dalam, jadi dapat dilakukan belakangan.

Jika cairan pembersih berbentuk kental atau deterjen (bukan berbentuk semprotan), tuangkan bahan tersebut ke dalam ember berisi air sesuai dengan petunjuk takaran dalam kemasan. Aduk rata sampai berbuih. Kemudian, celupkan spons ke dalam larutan tersebut, peras dan langsung digunakan untuk mengusap kaca.

Jika cairan pembersih kaca menggunakan semprotan siap pakai, langsung semprotkan cairan tersebut ke kaca dengan jarak semprot sesuai petunjuk agar lebih aman. Awas, jangan sampai cairan mengenai mata. Kemudian usap dengan arah memutar menggunakan spons.

Usap seluruh permukaan kaca dengan spons sampai merata, termasuk  pada sudut-sudut jendela. Jika terdapat noda membandel, tekan lebih keras pada bagian tersebut.

Kemudian pakai alat pembersih kaca jendela pisau karet dengan posisi vertikal untuk menurunkan cairan yang ada di kaca. Kemudian ulangi dengan gerakkan ke posisi horizontal atau menyamping. Setiap kali menyelesaikan satu gerakan bersihkan pisau karet dengan kain lap untuk menghilangkan kotoran dan air kotor.

Langkah terakhir, gunakan kain lap bersih untuk membersihkan sisa-sisa dan buih dari cairan pembersih yang ada pada kaca jendela.

Lakukan langkah-langkah yang sama seperti di atas untuk sisi luar kaca jendela rumah. Semoga bermanfaat.

 

Cara Membersihkan Kaca Jendela Rumah – Lentera Rumah

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *