Dekorasi Kamar Tidur Anak Untuk Stimulasi Otak Kanan dan Motorik


Otak kanan sangat penting untuk perkembangan EQ (emotional quotient) anak dan tak kalah penting juga adalah perkembangan motorik. EQ berhubungan dengan perkembangan sosialisasi, berkomunikasi dan berinteraksi dengan manusia lain serta pengendalian emosi. Sedangkan perkembangan motorik berkaitan dengan perkembangan fisik anak.

Dekorasi Kamar Tidur Anak

Pada otak kanan terletak pula kemampuan intuitif, kemampuan merasakan, memadukan dan ekspresi tubuh seperti menyanyi, menari dan melukis. Lingkungan bermain dan tempat tinggal sangat berpengaruh terhadap otak kanan, sehingga orang tua perlu membuat lingkungan yang mendorong pertumbuhannya, salah satu adalah mendekorasi tempat tidur anak yang dapat menstimulasi perkembangan otak kanan.

Dekorasi Kamar Tidur Anak Untuk Stimulasi Otak Kanan

Banyak ide-ide kreatif yang dapat disajikan sebagai tema kamar tidur anak untuk menstimulasi otak kanan, yang terpenting adalah ada harmonisasi warna dan bentuk sehingga menghadirkan bentuk seni yang menarik bagi anak.

Beberapa ide dekorasi kamar tidur untuk menstimulasi otak kanan anak, seperti:

  • Warna hijau muda untuk dinding disertai dengan pemandangan alam dapat melambungkan imajinasi anak akan indahnya lingkungan hidup.
  • Gambar mural bertema kehidupan alam bawah laut seperti lukisan ikan yang berwarna-warni, terumbu karang yang beraneka ragam serta birunya laut, dapat merangsang imajinasi dan keingintahuan anak akan alam bawah laut.
  • Wallpaper bertema ruang angkasa lengkap dengan gambar pesawat, astronot dan tata surya galaksi juga dapat menjadi ide menarik bagi anak
Baca Juga:  Menciptakan Kamar Tidur Bertema Romantis

Konsep untuk melatih fisik motorik anak

Perkembangan motorik anak juga tidak kalah penting yang ditandai dengan pertumbuhan fisik yang meliputi peningkatan berat badan, tinggi badan, lingkar kepala dan tonus otot.

Konsep untuk melatih fisik motorik anak adalah dengan banyak gerak dan konsep ini dapat diaplikasikan dam interior kamar tidur anak. Yang terpenting saat mendesain kamar tidur adalah keamanan anak dengan menghindari sudut-sudut yang tajam dan perbedaan level yang terlalu tinggi untuk menghindari bahaya. Sebagai contoh:

  • Desain tempat tidur bertingkat. Perbedaan level tempat tidur akan membuat anak terangsang untuk memanjat dan menuruninya sesering mungkin.
  • Perbedaan level lantai pada ruang akan melatih fisik motorik anak juga menambah kesan atraktif ruangan.
  • Meletakkan beraneka ragam permainan dalam ruangan seperti membuat jalur trek mobil-mobilan, berseluncur dari tempat tidur ke lantai dan ide-ide lain yang dapat menjadikan anak aktif bergerak untuk merangsang fisik motoriknya.

Terus berkreatif untuk mengelola Kamar Tidur Anak Dengan Desain Multi Fungsi karena anak merupakan aset masa depan. Setidaknya ulasan di atas dapat memberikan inspirasi bagi orang tua.

Baca Juga:  Pesona Ruangan Dengan Lantai Batu Alam

 

Dekorasi Kamar Tidur Anak Untuk Stimulasi Otak Kanan dan Motorik

Artikel Terkait

Tentang Penulis: Lentera Rumah

Blogger yang suka menulis dan berbagi tentang properti dan lingkungannya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *