7 Hal dalam Mendeteksi Mutu Perumahan

Mendeteksi Mutu Perumahan

Hampir di setiap kota terdapat perumahan yang dibangun pengembang dengan berbagai tipe dan harga. Jika Anda berniat membeli rumah di sebuah perumahan baru jangan segan untuk menanyakan 7 hal pertanyaan sederhana ini, karena merupakan hal penting untuk mengetahui kualitas rumah yang akan dibeli.


7 Deteksi Mutu Perumahan

Sebelum Anda membeli rumah, pastikan mempelajari dulu 7 hal dalam mendeteksi mutu rumah karena setiap jawaban yang mereka berikan harus dievaluasi secara bijak agar tidak menyesal membeli properti tersebut.

1. Struktur Bangunan Rumah

Yang perlu ditanyakan antara lain: Struktur pondasi, apa materialnya dan berapa kedalamannya. Bagaimana struktur tanahnya. Struktur rangka utama bangunan (pembesian, pembetonan, dll) Mereka akan menjawab semua pertanyaan, namun apakah Anda mengerti?

2. Atap Rumah

Anda dapat bertanya secara bebas, apa rangka atapnya dan apa bahan penutup atap, dan lain sebagainya. Hal ini supaya tahu benar jika terjadi kerusakan apa yang harus dilakukan.

3. Saluran Air

Tanyakan mengenai pembuangan air. Berapa ketinggian level tanah dari permukaan tanah dan jalan. Apakah lubang pembuangan atau saluran pembuangan yang ada memiliki dimensi yang besar serta sesuai dengan kapasitas buangan air hujan. Hal ini sangat penting, jika tidak maka akan mahal harganya untuk memperbaiki jika saluran mampet karena pasti ada perbaikan.

4. Detail Permukaan

Perhatikan detail permukaan pada semua sudut rumah dan pastikan permukaan dinding tembok tidak bergelombang juga permukaan lantai, pintu, jendela dan lain-lain. Secara kasat mata bisa anda lihat dan jangan sungkan untuk menanyakan jika Anda merasa ada yang janggal pada rumah yang akan Anda beli tersebut.

5. Dapur dan Kamar Mandi

Apakah ketinggian meja dapur sudah sesuai dengan proporsi tinggi Anda, normalnya tinggi meja dapur antara 75-85 cm. Apakah tempat cuci piring sudah sesuai penempatan. Untuk kamar mandi, perhatikan apakah kamar mandi sudah mendapatkan penghawaan yang cukup.

6. Listrik

Pastikan listrik memiliki daya yang mencukupi kebutuhan Anda. Periksa juga penempatan MCB, stop kontak, saklar serta penempatan titik-titik lampu.

7. Lingkungan

Apakah lingkungan calon rumah Anda sudah sesuai dengan keinginan Anda. Lokasi juga menentukan kenyamanan.

Demikian beberapa hal yang perlu diketahui dan menjadi inspirasi dalam mendeteksi mutu rumah jika ingin memberi rumah baru maupun bekas.

 

7 Hal dalam Mendeteksi Mutu Perumahan

Artikel Terkait

Tentang Penulis: Lentera Rumah

Blogger yang suka menulis dan berbagi tentang properti dan lingkungannya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.