Dekorasi Untuk Kamar Tidur Remaja


Desain dan dekorasi untuk kamar tidur remaja tentu saja berbeda dengan kamar tidur anak maupun orang tua. Masa remaja seperti yang kita ketahui merupakan masa yang bersifat transisi atau peralihan karena remaja belum memperoleh status dewasa namunĀ tidak lagi memiliki status anak. Atau dapat dikatakan masa peralihan dari masa anak menuju masa dewasa dengan mengalami perkembangan semua aspek untuk memasuki masa dewasa. Dengan demikian, kamar tidur pun perlu didesain dan didekorasi yang sesuai dengan masa peralihan tersebut.

Dekorasi Untuk Kamar Tidur Remaja

Dekorasi kamar tidur remaja sama dengan kamar tidur pada umumnya yaitu harus mampu memberikan rasa kenyamanan untuk penghuninya. Namun masa remaja yang memiliki aktivitas di luar rumah mulai banyak dibandingkan dengan masa kanak-kanak, tentu membutuhkan kenyamanan tersendiri saat berada dalam kamarnya.

Satu hal lagi yang perlu diperhatikan jika mendesain kamar tidur remaja, yaitu kamar untuk remaja putri atau remaja putra, mengingat keduanya memiliki sifat yang berbeda seiring pertumbuhan jiwa mereka.

Misalkan kamar tidur aksen pink tentu lebih sesuai dengan cewek dari pada kamar tidur cowok. Untuk itu, mereka sebaiknya dilibatkan dalam mendekorasi kamarnya. Hanya alasan takut orang tua, mereka terpaksa menempati kamar tidur yang sebenarnya kurang sesuai dengan selera mereka.

Kebanyakan remaja sudah memiliki teman sekolah yang terkadang datang bertamu serta masuk kamar untuk bercengkerama atau belajar bersama. Sebagai pemilik kamar tentuĀ  tidak ingin rekannya melihat barang yang banyak ada di dalamnya, yang dapat mengurangi keleluasaan saat bercengkerama.

Selain itu, banyak anak remaja yang merasa bosan atau jemu di sekolah, dan saat pulang ke rumah yang diinginkan hanya ketenangan dan kenyamanan. Oleh sebab itu, pastikan kamar memiliki tempat tidur yang nyaman serta memilih tempat tidur dengan desain yang sesuai dengan gaya utama dalam rumah, gaya tradisional atau modern.

Desain dan dekorasi kamar tidur remaja perlu memperhatikan juga beberapa hal yang disukai oleh anak yang telah menginjak usia remaja, seperti warna favorit, aksesoris dan lain sebagainya. Saat ini Desain Kontemporer merupakan salah satu desain kamar tidur yang sangat digemari karena terkesan simpel dan terlihat sangat modern.

Meskipun remaja sudah mulai memiliki ide sendiri, namun orang tua seyogyanya juga memberi masukan yang dapat diterima dengan masuk akal untuk urusan kamar tidurnya. Berikan kebebasan untuk mengekspresikan diri namun dengan filter dari orang tua, karena dari sebuah ruang kamar bisa menjadi awal untuk melangkah ke jenjang dewasa.

 

Kamar Tidur Remaja – Lentera Rumah

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *