UNICEF Bantu Dampak Akibat Rumah Rusak 


UNICEF (United Nations Children’s Fund) adalah organisasi internasional dibawah naungan PBB yang memberikan bantuan kemanusiaan dan perkembangan kesejahteraan jangka panjang kepada anak-anak dan ibunya di negara-negara berkembang.

Oleh karena itu, UNICEF tidak akan memberikan bantuan dana maupun material untuk perbaikan sarana dan prasarana seperti rumah yang rusak akibat bencana. Namun UNICEF akan memberikan bantuan akibat atau dampak dari rusaknya rumah tersebut, terutama jika berdampak serius kepada ibu dan anak-anak.

Sebagai contoh, Sebanyak 4.200 kepala keluarga (KK) di Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat (NTB), menerima bantuan tunai multiguna dari Unicef untuk keluarga terdampak gempa yang memiliki anak usia di bawah tujuh tahun.

Kondisi di Kabupaten Lombok Utara secara fisik cukup berat akibat terjadi gempa. Dari 71 ribu unit rumah rusak, sebanyak 44 ribu diantaranya rusak berat sehingga mempengaruhi kesehatan ibu dan anak-anak. RISHA Alternatif Rumah Tahan Gempa

UNICEF Tidak Bantu Rumah Rusak

Oleh karena itu, Unicef menginisiasi program bantuan tunai multiguna dan bekerja sama dengan Kementerian Sosial, PT Pos Indonesia, Pemerintah Provinsi NTB, Pemerintah Kabupaten Lombok Utara, dan bermitra dengan CRS Indonesia serta pengumpulan donasi Unicef dari masyarakat, untuk percepatan pembangunan ekonomi dan kesehatan.

Bencana menjadi perhatian Unicef, bukan hanya di Indonesia tetapi di seluruh dunia. Bantuan tersebut sifatnya jangka pendek untuk memulihkan kondisi kehidupan masyarakat setelah bencana. Sedangkan program bantuan tunai multiguna adalah model baru, yaitu bantuan tunai, karena masyarakat lebih paham kebutuhannya.

Memang, beberapa hari setelah gempa, Unicef memberikan material seperti terpal, tikar dan lain-lain agar masyarakat khususnya ibu dan anak, tidak berpengaruh kepada kesehatan ibu dan anak-anak. Selanjutnya memberikan bantuan tunai yang bermanfaat bagi masyarakat dengan syarat mengutamakan kesehatan ibu dan anak.

Donasi UNICEF

Dalam melaksanakan semua kegiatan, UNICEF mengandalkan donasi dari pihak lain baik itu pemerintah, badan usaha maupun masyarakat luas. Oleh karena itu, penggalangan donasi gencar dilakukan oleh UNICEF. Salah satunya adalah membuka kesempatan kepada masyarakat untuk menjadi donatur secara online.

Cara berdonasi UNICEF di Indonesia bisa melalui website resmi UNICEF yaitu www.supportunicefindonesia.org Tinggal buka website tersebut kemudian pilih jenis donasi dapat dipilih, apakah sebagai donatur rutin atau donatur sekali atau keduanya. Unicef Indonesia menawarkan kemudahan pemberian donasi secara langsung. Jika mendaftarkan diri menjadi donatur rutin ada cara berhenti donasi Unicef untuk menghentikan proses auto debit.

 

UNICEF Bantu Dampak Rumah Rusak 

Artikel Terkait

Tentang Penulis: Lentera Rumah

Blogger yang suka menulis dan berbagi tentang properti dan lingkungannya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *